Usai Deklarasi, PLT Ketum JMSI Temui Sejumlah Tokoh Di HPN Banjarmasin

Nusantara  SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 23:37:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Usai Deklarasi, PLT Ketum JMSI Temui Sejumlah Tokoh Di HPN Banjarmasin

Foto/JMSI

RMOLKalbar. Langkah cepat diambil Pelaksanan Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Mahmud Marhaba, setelah dirinya diputuskan melalui rapat khusus pasca deklarasi JMSI, di Banjarmasin Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2).
Sehari dirinya menerima amanah sebagai Plt Ketum, Minggu (09/02), Mahmud langsung menemui Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari guna melaporkan hasil deklarasi secara lisan terkait dengan pelaksanaan Deklarasi JMSI. Atal pun sempat diwawancarai oleh wartawan medgo.id, yang juga tergabung dalam JMSI menyampaikan dukungan atas pembentukan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang dilaksanakan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dalam pertemuan dengan Plt. Ketua Umum JMSI, Mahmud Marhaba disela syukuran HPN 2020 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Atal S. Depari mengatakan, di era digital ini masyarakat Indonesia membutuhkan pengelolaan media siber secara profesional.  

Keberadaan organisasi yang menaungi perusahaan media siber adalah sebuah tuntutan  di era digital dan keterbukaan,” ujarnya.

Atal S. Depari juga mengatakan dirinya percaya jika JMSI akan tumbuh sebagai organisasi yang sehat dan dapat memberikan manfaat bagi anggotanya, perusahaan-perusahaan media massa berbasis internet di berbagai daerah di Indonesia.

Keyakinan Atal S. Depari itu didorong kenyataan bahwa sejumlah tokoh PWI di tingkat nasional juga memberikan sumbangsih yang tak kecil atas pendirian JMSI.

Deklarasi JMSI, selain dihadiri Ketua Dewan Kehormatan PWI, Ilham Bintang, juga dihadiri tiga anggota Dewan Kehormatan PWI, Sasongko Tedjo, Rossiana Silalahi, dan Teguh Santosa yang diberi mandat membentuk pengurus JMSI di DKI Jakarta.

Selain tokoh PWI di tingkat nasional, sejumlah tokoh senior PWI dari berbagai daerah juga ikut membidani kelahiran JMSI, diantaranya Dheni Kurnia dari Riau, Mursyid Sonsang dari Jambi, Syahrizal Aziz dari Sumatera Barat, Eko Pamuji dari Jatim dan Mahmud Marhaba dari Gorontalo yang secara aklamasi dipercaya deklarator menjadi Plt. Ketua Umum JMSI.    

Dalam deklarasi yang juga dihadiri Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Kominfo, Prof. Dr. Henri Subiakto, selain memutuskan rencana Musyawarah Nasional pertama di Riau pada bulan Juni, JMSI juga memutuskan pembentukan dua komisi teknis yang masing-masing membahas AD/ART dan badan hukum perkumpulan.

Pada waktu yang sama, Plt Ketum JMSI, Mahmud menemui Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri Ch. Bangun. Tak banyak yang disampaikan, Hendri hanya menyampaikan ucapan selamat sambil tersenyum.

Sore harinya, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, menerima kunjungan Plt Ketum JMSI bersama rombongan lainnya seperti Ketua JMSI Aceh, JMSI Sumatera Barat, JMSI Sumatera Selatan, JMSI Bengkulu, JMSI Banten, JMSI Gorontalo, dan JMSI Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah.

Ibnu Sina menyambut baik atas deklarasi JMSI yang dilakukan di kota Banjarmasin. Olehnya, Ibnu berkesempatan hadir dan memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut. Dirinya berharap JMSI Kalsel bisa berkolaborasi dengan pemerintah setempat termasuk pemerintah Kota Banjarmasin.
Sebagai ibu kota provinsi, Pemkot Banjarmasin wajib ditopang oleh media untuk mempromosikan keberhasilan pemerintah daerah, termasuk provinsi Kalsel,” ungkap Ibnu Sina dalam percakapannya sore itu.

Diketahui, dibawah kepemimpinanan Walikota Ibnu Sina, dirinya yang pertama di Indonesia membuat Peraturan Walikota tentang larangan penggunaan kantong plastik disetiap tempat perbelanjaan di wilayah Kota Banjarmasin.
Dirinya menggantikan kantong belanja dengan anyaman produk lokal bakul purun. Ibnu pun memberikan bakul purun sebagai tanda mata atas kunjungan JMSI ke tempatnya. [rah]



Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00