Kongres PAN 2020

Maju Satu Paket, Mulfachri Caketum, Hanafi Rais Sekjen

Politik  KAMIS, 30 JANUARI 2020 , 10:05:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Maju Satu Paket, Mulfachri Caketum, Hanafi Rais Sekjen

Mulfahri Harahap (tengah) bersama Hanafi Rais (paling kanan) saat sosialisasi ke pengurus daerah/Net

RMOLKalbar. Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) akan kembali menghadirkan tradisi baru. Dari beberapa kandidat yang berkontestasi merebut kursi PAN 1, sosok Mulfachri Harahap membangun sistem kompetisi yang berbeda dengan calon lainnya.
Mulfachri Harahap maju tidak sendirian. Saat sosialisasi ke pengurus daerah Mulfachri mengkampanyekan paket Ketum-Sekjen yakni putra pendiri PAN Amien Rais, Hanafi Rais sebagai pendampingnya.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Wahyuni Refi Setya Bekti merespons positif sikap politik Mulfachri dengan menggaet Hanafi Rais.

Ia melihat, maju menjadi kandidat Ketum bersama Sekjen mencegah terjadinya ajang tawar-menawar politik dengan para pemilih di lokasi kongres.

"Tradisi baru bahwa kepemimpinan langsung paket Ketua-sekjen supaya posisi Sekjen tidak dijadikan ajang bargaining," kata Refi -sapaan akrabnya- seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (29/1).

Lebih lanjut, Refi berpendapat, paket Ketum-Sekjen saat awal kongres dapat dijadikan komitmen untuk bekerja selama 5 tahun mendatang.

Doktor politik Universitas Indonesia ini menjelaskan, selama ini seorang calon ketua umum dan sekretaris jenderalnya seringkali menjadi alat sandera di lokasi kongres.

Tambah Refi, termasuk tarik menarik antar elite partai baik di level kepengurusan pusat dan juga daerah.
"Selama ini hanya caketum dan sekjen sering kali jadi sandera antara daerah lokasi kongres dan kepentingan elite sedangkan kandidat sekjen tidak ikut berjibaku dari awal menggaet voters. Dengan tradisi baru ini ketua dan sekjen terpilih tinggal go (jalan) saja karena sudah teruji kolaborasinya di stage awal," pungkas  Refi.

Kongres V PAN akan digelar di Kendari, Sulawesi tenggra pada 10-12 Pebruari 2020. Diperkirakan akan ada 3 ribu kader seluruh Indonesia berkumpul dengan jumlah total 590 pemilih.

Beberapa kandidat yang muncul diantaranya petahan Zulkifli Hasan, eks Menpan-RB, Asman Abnur dan Mulfachri Harahap. []

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00