Wacana PLTN Sebagai Dasar Menuju Industrialisasi Di Kalbar

Daerah  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 16:51:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Wacana PLTN Sebagai Dasar Menuju Industrialisasi Di Kalbar

Rustamaji/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Kalbar diwacanakan akan bangun PLTN. Sontak wacana tersebut menuai banyak respon dari masyarakat Kalbar. Ada yang 'nyinyir', bahkan tak sedikit pula yang mendukung.
Tentunya, dalam mewujudkan wacana tersebut, harus melalui proses yang panjang, terutama diawali dengan survei yang hakiki dan detail, sehingga perhitungan dalam penggunaan teknologi nuklir bisa direalisasikan dengan aman dan bijak.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, M.T., mengatakan bahwa membangun PLTN itu bukan seperti membangun proyek-proyek biasa, harus melalui proses yang panjang.

"Persoalannya adalah kita kembali kepada visi misi Gubernur, apa yang berkaitan dengan itu, yaitu percepatan infrastruktur dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya, Sabtu (14/12).

Ia menjelaskan, infrastruktur itu yang paling utama adalah infrastruktur dasar, salah satunya adalah penyediaan energi.

"Penyediaan energi ini menjadi faktor produksi. Kenapa kita perlu produksi? Karena sumber dayanya kita punya. Kalo kita tidak punya faktor atau pendukung produksi, terkait sumber daya tersebut, bagaimana kita (bisa) mengelolanya?," bebernya.

Menurutnya, di kepemimpinan Sutarmidji, dasar-dasar menuju industrialisasi di Kalbar sudah ada, namun harus sinkron dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Untan sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di Kalbar haruslah mendukung kebijakan pemerintah provinsi dan nasional. Artinya, kita harus mengedukasi dan mengadvokasi masyarakat, kita harus meyakinkan pada masyarakat bahwa ini sangat membawa manfaat," ungkapnya.

Rustamaji menambahkan bahwa ini adalah tentang transfer teknologi, knowledge dan sharing experience, tetapi kita harus mengembangkan reverse engineering, selanjutnya harus bisa membangun dan mandiri.

Untan akan menempatkan sesuai dengan kebijakan pemerintah provinsi dan nasional. Sepanjang perguruan tinggi yakin bahwa itu banyak memberikan manfaat untuk masyarakat. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00