Kiat Berkendara Menghadapi Musim Penghujan

Daerah  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 08:31:00 WIB | LAPORAN: IMAM ARIEF HIDAYATULLAH

Kiat Berkendara Menghadapi Musim Penghujan

Ilustrasi/Net

RMOLKalbar. Musim hujan telah tiba, tentunya kalian pasti khawatir saat menghadapi musim hujan, mungkin beberapa dari kalian pasti berfikir sulit untuk beraktivitas di luar rumah saat cuaca sedang hujan.
Hujan adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan, apalagi di saat kita beraktivitas di luar rumah, terutama saat berkendara, pastinya kalian tidak ingin menjadi terganggu saat berkendara.

Maka dari itu, berikut beberapa kiat dalam berkendara saat musim hujan:


1. Lampu Kendaraan Berfungsi Normal

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi normal dan menggunakan bohlam standar, baik lampu senja, lampu utama, lampur kabut (jika ada), maupun lampu tanda belok/lampu sein.

Nyalakan lampu saat kendaraan anda melintas di hujan deras. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita. Gunakan lampu hazard (sein kanan-kiri yang berkedip bersamaan) jika kendaraan Anda terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

2. Ban Kendaraan Dalam Kondisi Baik

Pastikan tekanan ban sudah sesuai standar, serta alur dan ketebalan ban luar juga masih bagus. Periksalah setidaknya seminggu sekali tekanan angin ban kendaraan Anda. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi resiko kendaraan melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Jangan ambil resiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Sistem Kemudi Terpantau Baik

Pastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling, berfungsi dengan baik. Beri perawatan ekstra, terutama pada musim hujan ini untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Kurangi Kecepatan Berkendara Saat Hujan

Hal ini bisa mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban lebih kuat.

5. Bijak Menentukan Rute Perjalanan

Rencanakan rute perjalanan anda sebelum mulai berkendara. Hindari wilayah yang sudah pasti tergenang banjir di musim hujan. Update situasi jalan melalui siaran radio dan sebisa mungkin tidak menggunakan alat komunikasi selular saat anda menjalankan kendaraan.

6. Tidak Menerobos Jalan Dengan Genangan Air Dalam

Jangan memaksa menerobos genangan air dalam di jalan. Jika dipaksakan melewati genangan air dalam dan air sampai terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara, mesin mobil akan mati (efek water hammer) dan anda terjebak dalam banjir. Jika ini yang terjadi, asuransi mobil tidak menjamin perbaikannya.

7. Jaga Jarak Dengan Pengendara Lain

Hal ini dimaksudkan supaya Anda memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan, untuk menghindari tabrakan dengan pengendara lain.

8. Selalu Membawa Jas Hujan

Bagi pengendara sepeda motor, hal yang terpenting adalah jangan sampai lupa membawa jas hujan. Selain itu, jika memungkinkan jangan lupa membawa jas hujan pelindung air, tas ransel dan pelindung barang dari air.


Demikian delapan kiat yang dapat dilakukan saat berkendara di musim hujan agar kita aman dan nyaman dalam berkendara, serta selalu mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas. [ben/***]


Penulis adalah pemerhati keselamatan berlalu lintas

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00