Tren Cashless Society Yang Mulai Merambah Pasar Tradisional

Pariwisata  JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 13:48:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Tren Cashless Society Yang Mulai Merambah Pasar Tradisional

Foto/Ist

RMOLKalbar. Untuk mendukung kota pintar yang mandiri di BSD City, Sinar Mas Land bersama dengan Tempo Media Group kembali menggelar diskusi interaktif bertajuk Ngobrol@Tempo. Kali ini, diskusi membahas tentang cashless payment getaway sehingga transformasi pembangunan dapat diterapkan Sinar Mas Land di skala kota untuk menjadi sebuah ekosistem digital yang baik.
Metode transaksi cashless saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, sehingga orang tidak lagi memegang dan menggunakan uang tunai. Di BSD City, penggunaan cashless bahkan sudah dikenal baik sampai ke pasar tradisional dan Pasar Modern Intermoda.

Corporate Communication & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land, Panji Himawan mengatakan pesatnya laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diramalkan akan mencapai 5 persen pada akhir tahun 2019 sudah mulai didukung dengan cara transaksi masyarakat Indonesia yang mulai berubah.

''Tren ini juga kami terapkan di sejumlah proyek mulai dari mal hingga pasar tradisional yang kami kembangkan, dalam upaya mendukung transformasi BSD City menjadi the first integrated smart digital city di Indonesia,” ujar Panji dalam keterangan tertulis, Rabu (27/11).

Diskusi tersebut dibahas isu yang meliputi kriteria pelaku cashless di pasar tradisional, keuntungan dan kekurangan metode cashless, alur transaksi perputaran uang di pasar tradisional setelah metode transaksi cashless berlaku, kerja sama dengan vendor dan bank di Indonesia, serta alat yang dibutuhkan dalam penerapan metode cashless.

Penggunaan metode cashless di pasar tradisional diyakini dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, kecepatan dalam bertransaksi, baik bagi pihak pembeli maupun penjual.

Tidak hanya kemudahan bertansaksi di mal atau pasar tradisional, Sinar Mas Land juga telah menerapkan metode pembayaran cashless untuk setiap penghuni/ warga yang hendak melalukan pembayaran IPL,'' kata Panji.

Saat ini, Sinar Mas Land juga sedang membangun sebuah kawasan ekosistem digital di BSD City yang diberi nama Digital Hub. Ke depannya, kawasan ini didedikasikan sebagai pusat teknologi digital seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.

Digital Hub didesain sebagai pusat tech commerce yang ekspansif dan berkelanjutan dengan tujuan menyediakan wadah bagi kreator dan inovator digital Indonesia serta terintegrasi dengan teknologi. Sebagai bagian dari perkembangan era industry 4.0, Digital Hub juga dipersiapkan untuk menjadi hub ekonomi digital terdepan di Indonesia. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00