Fraksi Nasdem DPR RI Gelar Diskusi BPJS

kesehatan  JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 12:47:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTA YUNANTO

Fraksi Nasdem DPR RI Gelar Diskusi BPJS

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang mencapai Rp 32,8 Triliun mendapat sorotan dari Fraksi Partai NasDem.
Oleh sebab itu, anggota Komisi IX Fraksi Partai NasDem DPR merasa perlu melakukan kajian untuk mencari solusi yang tepat terhadap masalah tersebut.

Apalagi ada rencana pemerintah untuk menaikkan iuran BPJS sebagai solusi dalam mengatasi defisit BPJS yang ternyata mengalami penolakan di masyarakat.

Fraksi Partai NasDem DPR menangkap suara masyarakat yang menolak dan ingin mencari alternatif lain sebagai solusi mengatasi defisit BPJS.

Atas dasar tersebut, Fraksi Partai NasDem DPR RI menggelar seminar membahas defisit BPJS bertajuk 'Quo Vadis Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan: Solusi Defisit atau Amanah Konstitusi Jaminan Kesehatan Warga Negara'. Seminar dilangsungkan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11).

Acara ini dipimpin oleh Hasnah Syam selaku Kapoksi IX, dan dihadiri oleh anggota Fraksi Partai NasDem dari lintas komisi, diantaranya Tamanuri, Fadholy, Farhan, Rico Sia dan Nurhadi.

Kehadiran anggota dari lintas komisi ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa solusi dari penyelesaian defisit BPJS bisa saja datang atau melibatkan komisi lainn.

NasDem dalam hal ini menerapkan sinergitas antar komisi dalam setiap tahapan perumusan kebijakan.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Iene Muliati dari Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) yang membahas mengenai analisis DJSN dalam perhitungan besaran tarif kenaikan iuran BPJS kesehatan.

Hadir juga Dr. Mundiharno, M.Si dari BPJS Kesehatan yang membahas mengenai urgensi kenaikan iuran BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan masyarakat atau mengatasi defisit pembiayaan.

Kemudian, Timboel Siregar, selaku koordinator advokasi BPJS Watch berbicara tentang dampak kenaikan iuran BPJS bagi masyarakat dan alternatif solusinya.

Pemaparan kemudian ditutup oleh Otih Handayani, sebagai tenaga ahli Fraksi Partai NasDem DPR RI yang berbicara mengenai alternatif pembiayaan BPJS Kesehatan.

Seminar ini diharapkan bisa dikadikan langkah awal bagi Fraksi Partai NasDem DPR RI untuk melakukan kajian-kajian mendalam terkait solusi atas defisit yang dihadapi BPJS. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00