Kolaborasi Bersama Pemkot Samarinda, Bukti Komitmen Gojek Tingkatkan Kesejahteraan Mitra

Ekbis  JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 08:50:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Kolaborasi Bersama Pemkot Samarinda, Bukti Komitmen Gojek Tingkatkan Kesejahteraan Mitra

Pelatihan Wirausaha Mitra Gojek/Ist

RMOLKalbar. Sebagai aplikasi teknologi terdepan di Asia Tenggara yang berfokus pada pemberdayaan sektor informal, Gojek berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup mitra beserta keluarganya melalui berbagai upaya. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pelatihan wirausaha bagi keluarga dan mitra Gojek di Samarinda.
Kegiatan ini merupakan suatu pelatihan komprehensif yang berkelanjutan bagi keluarga dan mitra Gojek dalam menciptakan sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Pelatihan ini menjangkau berbagai sektor usaha informal yang dapat diaplikasikan secara langsung, diantaranya kuliner, kerajinan tangan, fotografi dan pekerjaan spesialis lain sebagainya.

Acara yang dihadiri oleh puluhan Mitra Gojek dan Keluarga ini juga turut dihadiri M. Barkati, S.Sos selaku Wakil Wali Kota Samarinda.

"Sewaktu Gojek mengundang kami untuk hadir dalam acara pelatihan ini, kami langsung menyambut baik, kebetulan Pemerintah Kota Samarinda juga memiliki program serupa. Oleh karena itu, ada baiknya kami berkolaborasi bersama demi tujuan yang sama," ujarnya, Kamis (28/11).

Barkati menambahkan, pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Samarinda memberikan hibah berupa modal peralatan usaha kepada 18 kelompok usaha binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda. Modal peralatan usaha tersebut berupa 6 set mesin jahit, 6 set peralatan merias kue dan 6 set peralatan sablon.

Data dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda, saat ini telah terdaftar 86.000 UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Samarinda. Dari 86.000 UKM tersebut, 58.372 merupakan usaha mikro yang butuh pendampingan dari segi edukasi maupun pengembangan bisnis.

"Pemerintah Kota Samarinda sangat terbantu dengan kehadiran Gojek yang juga memiliki visi yang sama dalam mengembangkan usaha mikro tersebut, sehingga memiliki potensi yang lebih baik," ungkap Barkati.

Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia mengatakan, potensi pertumbuhan bisnis kuliner di Samarinda ini cukup besar. Apalagi jika ditambahkan dengan pemanfaatan teknologi yang sesuai.

"Di saat yang bersamaan, Gojek akan terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra yang 'naik kelas' untuk menjadi UMKM, terlebih lagi menjadi mitra GoFood, sehingga skala bisnis dan volume transaksi mitra UMKM bisa ikut meningkat," tuturnya optimis.

Mulawarman menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Gojek dalam meningkatkan kesejahteraan mitra. Gojek menyadari dengan memberikan pelatihan ini secara tidak langsung membuka kesempatan untuk Mitra Gojek beserta keluarga untuk 'naik kelas' dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi UMKM.

Pelatihan wirausaha Gojek memberikan motivasi dan juga keberanian bagi mitra Gojek untuk bisa terjun menjadi UMKM di Samarinda.

"Pada dasarnya, Gojek memiliki visi misi untuk memberikan dampak sosial kepada seluruh masyarakat seluas-luasnya, termasuk kepada mitra driver Gojek yang 'naik kelas' menjadi UMKM maupun mitra Gofood yang semakin luas coverage dan volume transaksinya," pungkasnya mengakhiri. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00