Mangkir Dari Panggilan KPK, Laode: Pejabat Publik Harus Berikan Contoh Yang Benar

Hukum  KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 08:36:00 WIB | LAPORAN: SUGIHARTA YUNANTO

Mangkir Dari Panggilan KPK, Laode: Pejabat Publik Harus Berikan Contoh Yang Benar

Laode Muhammad Syarif/Net

RMOLKalbar. Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan, pejabat publik semestinya hadir jika dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan.
Laode menyatakan hal tersebut saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (27/11), setelah mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI.

"Pejabat publik itu seharusnya kalau dipanggil sebagai saksi ya hadirlah untuk memberikan contoh yang benar," Kata La Ode

Laode mencontohkan, terkait pemanggilan politisi Golkar Melchias Markus Mekeng yang empat kali mangkir dari panggilan KPK, dirinya menyatakan yang bersangkutan sedang sakit.

"Khusus kepada Pak Markus Mekeng, ada surat bahwa beliau sakit, yang kedua ada kesibukan lain," bebernya.

Laode menegaskan, Deputi Penindakan akan memanggil kembali Markus Mekeng dalam waktu dekat.

"Oleh karena itu, lewat media ini juga kita berharap beliau bisa hadir untuk dimintai keterangan. Kan hanya sebagai saksi ini. Bukan sebagai tersangka," ucapnya.

Laode menampik, KPK akan melakukan pemanggilan paksa terhadap Markus Mekeng.

"Kalau pemanggilan paksa itu kan kalau kasusnya sudah sampai tahap penyidikan. Dalam kasus yang saat ini tengah dihadapi, kita akan minta peran khusus beliau sebagai saksi," tuturnya.

Mengenai tindak lanjut kasus Markus Mekeng, Laode mengatakan, KPK telah mencegah yang bersangkutan untuk ke luar negeri dan tetap berharap mantan Ketua Banggar DPR RI tersebut bersedia untuk diperiksa sebagai saksi.

"Ya waktu itu sudah ada cegah, tapi beliau masih berada di luar negeri tapi kita menghargai beliau balik lagi, sekarang cegahnya masih berlaku tetapi inginnya beliau hadir kalau di undang. Itu saja dulu," pungkasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00