Administrasi Rapi Dan Baik, Kunci Keberhasilan Peningkatan Standar Isi

Pendidikan  RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 14:34:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Administrasi Rapi Dan Baik, Kunci Keberhasilan Peningkatan Standar Isi

Ilustrasi/Net

RMOLKalbar. Pidato Menteri Nadiem Makariem, yang viral di medsos media mainstream karena beberapa poin penting yang menarik perhatian, guru merdeka belajar dan guru penggerak.
Langkah konkret yang bisa di tempuh Menteri Nadiem adalah dari segi kebijakan, diantaranya adalah melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan, mengembangkan kemitraan dalam pendidikan dengan cara meningkatkan partisipasi publik dalam peningkatan mutu pendidikan, pengembangan model penjaminan mutu pendidikan, serta melakukan evaluasi program pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan.

Untuk meningkatkan standar isi yang dibutuhkan, maka diperlukan beberapa hal yang mesti dilakukan, diantaranya dengan cara memfasilitasi pengembangan perangkat pembelajaran, serta memperkuat supervisi dan pengawasan.

Titik kunci keberhasilan standar isi ini, menurut saya adalah administrasi yang rapi dan baik. Dengan melibatkan partisipasi yang luas dalam pengawasan menjadi supervisi, sehingga pengawasan menjadi efektif dan efisien. Bahkan kalau perlu melibatkan komite sekolah.

Selanjutnya, dengan cara memperkuat domain (hosting) web sekolah. Semua perangkat pembelajaran di digitalisasi dan di simpan di dalam awan (Cloud) agar mudah dicari dan diakses banyak pihak. Dan dapat secara real time menampilkan karya inovasi guru dalam pengembangkan perangkat pembelajaran. [ben/***]


Dodi Iswanto
Penulis adalah Ketua Wilayah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalbar


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00