IGI: Fokus Pencapaian Target Dan Amalkan Gerakan Positif Pendidikan

Pendidikan  SELASA, 26 NOVEMBER 2019 , 18:08:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

IGI: Fokus Pencapaian Target Dan Amalkan Gerakan Positif Pendidikan

Ilustrasi/Net

RMOLKalbar. Pidato Menteri Nadiem Makariem, yang viral di medsos media mainstream karena beberapa poin penting yang menarik perhatian, guru merdeka belajar dan guru penggerak.
Langkah konkret yang bisa di tempuh Menteri Nadiem adalah dari segi kebijakan, diantaranya adalah melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan, mengembangkan kemitraan dalam pendidikan dengan cara meningkatkan partisipasi publik dalam peningkatan mutu pendidikan, pengembangan model penjaminan mutu pendidikan, serta melakukan evaluasi program pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan.


Standar Kompetensi Lulusan

Untuk meningkatkan standar kompetensi lulusan memang salah satu indikator yang paling sering digunakan oleh kementrian adalah Hasil UN. Tapi ada beberapa hal yang harus kita sepakati bersama.

Kita meningkatkan hasil UN terlebih dahulu, atau memberikan pemahaman yang baik kepada kepala sekolah secara khusus dalam mendesain capaian yang harus dicapai oleh peserta didik. Dalam hal ini, analisis lingkungan sekolah dan pilihan keunikan serta target kekhasan sekolah menjadi penting. Karena ini akan dituangkan dalam Visi dan Misi Sekolah.

Ada beberapa target yang menurut saya wajib kita capai:

A. Membantu sekolah untuk bermimpi dalam menentukan Visi masa depan sekolah

Untuk membuka wawasan para pemangku kebijakan seperti kepala sekolah dapat dilakukan melalui workshop, IHT, Bimtek atau Studi banding, bahkan menghadirkan kepala sekolah di pameran pendidikan internasional, seperti yang dilaksanakan oleh GESS (Global Educational Supplies ad Solutions) bisa menjadi pilihan.

Atau bahkan kalau kita punya dana atau ada sponsor kita bisa bawa kepala sekolah kita ke sesama anggota SEAMEOLEC.

B. Menyusun Program dan kegiatan dalam meningkatkan SKL ini disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing.

Setelah sekolah tahu dengan pasti mimpinya (Tujuan Sekolah) melalui capaian peserta didik kita mengembangkan program fasilitasi harus berdasarkan kesamaan Visi sekolah masing-masing.

Sekolah harus kita data misalnya, yang sama-sama tertarik dalam pengembangan robotic kita kelompokkan menjadi satu, yang tertarik dalam olah raga kita kelompokkan menjadi satu dan begitu seterusnya.

C. Super Camp untuk meningkatkan karakter siswa

Ini sangat baik dan saya rasa cocok untuk semua sekolah dan bisa dikembangkan berdasarkan kearifan local wilayah Kalimantan barat.

D. Membuat Gerakan dengan Siswa Menjadi Target dan Sasaran

Program hanya akan menghasilkan kegiatan lalu akan terhenti pengembangan akan terhenti jika kegiatannya selesai dan anggarannya habis. Tapi, gerakan akan menghasilkan gelombang, kebiasaan, perilaku orang untuk bergerak dan bahkan bisa menjadi budaya.


Gerakan Pendidikan

Ada beberapa gerakan yang cocok untuk kita kembangkan, seperti:
a. Gerakan membaca 15 menit sebelum pelajaran
b. Gerakan literasi siswa (Menulis buku bagi siswa)
c. Gerakan Membaca 100 buku dalam 3 bulan (sertifikat tanda tangan bupati) bagi yang berhasil
d. Gerakan membuat pojok baca disetiap sekolah
e. Gerakan yang dapat memfasilitasi siswa dalam unjuk kreatifitas, dalam seni, olahraga maupun dalam hal akademik. Seperti mimbar akademik di perguruan tinggi, yang mana orang bebas bicara apa saja dengan penuh tanggung jawab.
f. Gerakan alumni back to school

[ben/***]


Dodi Iswanto
Penulis adalah Ketua Wilayah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalbar


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00