GenBI Kalbar Gelar GP4K Di Kuala Mandor

Daerah  SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 16:50:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

GenBI Kalbar Gelar GP4K Di Kuala Mandor

Kegiatan GP4K/Ist

RMOLKalbar. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalbar mengadakan kegiatan bertajuk Gerakan Peduli Pedesaan, Pedalaman, Perbatasan dan Kepulauan (GP4K). Kegiatan ini diadakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta, Tarbiyatussibyan 2 bertempat di Desa Kubu Padi, Kabupaten Kuala Mandor B, Sabtu (23/11).
Kegiatan GP4K ini merupakan salah satu program unggulan dari Generasi Baru Indonesia Kalimantan Barat, serta menjadi salah satu agenda tahunan GenBI dalam memberikan solusi dan kontribusi untuk pembangunan, khususnya di bidang sosial masyarakat. Tentu dengan konsep yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan yang sudah di survei dari awal perencanaan kegiatan.

Pada kegiatan ini, GenBI melakukan beberapa agenda rehabilitasi sekolah, yakni pengecatan dinding sekolah, pembuatan Tempat Pembakaran Sampah (TPS), pembuatan plang nama, pembuatan atau penataan perpustakaan mini, penanaman pohon dan menyumbangkan beberapa buku baca untuk melengkapi buku yang ada di MIS Tarbiyatussibyan 2.

Ketua Panitia GP4K, Humaidi mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini diikuti sekitar 40 orang panitia, dengan kondisi medan menuju lokasi yang cukup menantang, sehingga mengharuskan kami untuk tiba di lokasi pada malam hari.

"Alhamdulillah, kegiatan yang kurang lebih 20 jam, selesai tanpa kendala yang begitu berarti," ujarnya.

Ia berharap dari kegiatan GP4K ini, bisa tercipta hubungan antar anggota GenBI Kalbar yang solid, terjalinnya silahturahmi antara GenBI Kalbar dan masyarakat Kubu Padi, serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap pendidikan di daerah pedalaman dan memberikan semangat untuk adik-adik di daerah Kubu Padi.

Selain melakukan rehabilitasi sekolah, lanjutnya, GenBI juga mengadakan beberapa agenda lainnya, yaitu permainan rakyat untuk anak-anak di sekolah MIS Tarbiytussibyan 2. Adapun permainan itu meliputi, seperti lomba balap karung, lomba kelereng, lomba masukan paku ke dalam botol, tarik tambang, serta ada juga lomba Adzan.

Ketua Yayasan MIS Tarbiyatussibiyn 2, Muhammad Khotib, menyampaikan ucapan syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala dengan adanya kegiatan ini.

"Komunitas GenBI sangat antusias sekali dan masyarakat juga sering bertanya ini kegiatan apa," ungkapnya.

Menurutnya, ini sangat luar biasa, banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelumnya disini, tapi inilah yang sangat luar biasa sekali.

"Mudah-mudahan gerakan seperti ini tetap maju di tanah air kita, Indonesia. Terutama di daerah terpencil, yang pendidikannya masih sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. Harapan saya, mudah-mudahan kegiatan GenBI tetap berjalan dengan baik dan jangan sampai (kegiatan) GenBI ini putus, harus berkelajutan," pungkasnya mengakhiri. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00