Caketum Golkar

LSI: Jabatan Menko Terbaca Sebagai Restu Jokowi Kepada Airlangga

Politik  SELASA, 05 NOVEMBER 2019 , 14:54:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

LSI: Jabatan Menko Terbaca Sebagai Restu Jokowi Kepada  Airlangga

Airlangga dan Presiden Jokowi/Net

RMOLKalbar. Meski muncul gelagat Bambang Soesatyo akan kembali maju dalam pemilihan Ketua Umum Partai Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas), Airlangga Hartato tetap dinilai sebagai kandidat terkuat.  
Direktur LSI Djayadi Hanan mengatakan, sebagai petahana yang mendapat dukungan luas, Airlangga adalah kandidat terkaut dalam kontestasi pemilihan Ketum Golkar. Djayadi memprediksi Airlangga telah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo untuk kembali memimpin partai berlambang beringin itu.

Restu itu terbaca dengan dipilihnya Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Perekonomian tanpa harus melepas jabatannya sebagai Ketum Golkar.

Kecuali, kata Djayadi, Jokowi membuat kebijakan bahwa Menteri tidak boleh rangkap jabatan sehingga mengharuskan Airlangga memilih salah satu, Ketum Golkar atau Menko Perekonomian.

"Saya kira itu akan dibaca oleh pengurus Golkar secara umum sebagai restu bahwa Pak Airlangga lah yang lebih dianggap cocok untuk menjadi Ketum Golkar," ungkap Djayadi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (5/11), seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Djayadi menambahkan, dengan komposisi kabinet saat ini, rasanya tidak mungkin Jokowi akan membuat pelarangan rangkap jabatan.

"Kayaknya itu enggak mungkin. Kalau punya kebijakan itu, Prabowo juga harus mundur dong, Suharso Monoarfa juga," paparnya.

Soal terpilihnya Bamsoet sebagai Ketua MPR RI, Djayadi menduga ada kesepakatan politik di internal Golkar yang mengantarkan terpilihnya Bamsoet.

"Dugaan saya, sudah ada kesepakatan-kesepakatan secara internal antara faksi pak Bambang Soesatyo dengan faksi pak Airlangga Hartarto," tandasnya. [fak]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00