Midji: Yang Terpenting Adalah Keselamatan

Daerah  SELASA, 05 NOVEMBER 2019 , 09:31:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Midji: Yang Terpenting Adalah Keselamatan

Sutarmidji/RMOLKalbar

RMOLKalbar. SAR Pontianak menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Latihan SAR Daerah, serta Pelatihan bagi Potensi SAR, bertempat di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Senin (4/11).
Rakor ini dihadiri oleh Direktur Kesiapsiagaan BASARNAS, Didi Hamzah, yang didampingi oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji dan Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan.

Berdasarkan pantauan RMOLKalbar, tampak turut hadir Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, beserta jajaran Forkompinda Kalbar dan tamu undangan lainnya.

Ditemui usai menghadiri kegiatan tersebut, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji sempat menyinggung terkait daerah-daerah yang berpotensi mengalami bencana alam dan kecelakaan transportasi.

"Mengingatkan potensi terjadinya kecelakaan dimanapun, harus dilihat contoh, seperti di Kapuas Hulu itu kalo hujan, air sungai pasti deras, mungkin hal ini dikarenakan ketinggiannya, sehingga muara air itu nantinya lari ke arah Pontianak. Mendorong air laut supaya tak masuk, ketika kemarau tidak terjadi," ujarnya kepada awak media.

Kemudian, lanjutnya, yang di Landak dan Ketapang, sebagian kecil sudah berpotensi banjir, itu sudah dipetakan.

Midji menambahkan, untuk di Kota Pontianak, banyak terdapat kapal wisata air. Ini harus diperhatikan kelengkapan keselamatannya, seperti pelampung atau sejenisnya, nahkoda yang layak, kelengkapan Surat Izin Berlayar, kapasitas muat kapal, serta kejelasan terkait yang punya kewenangan.

"Karena kemarin ada tolak menolak antara syah bandar dengan pemda, terkait kewenangan urusan berada pada lembaga atau instansi kedinasan mana, saling lempar urusan. Namun, yang penting bagi kita adalah keselamatannya," tuturnya. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00