Dari Modal 'Cekak', Kini Berkembang Capai Laba Bersih Rp 2,2 Miliar

Ekbis  SABTU, 02 NOVEMBER 2019 , 10:26:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Dari Modal 'Cekak', Kini Berkembang Capai Laba Bersih Rp 2,2 Miliar

Pelatihan Kewirausahaan/Ist

RMOLKalbar. Sebagai aplikasi teknologi terdepan di Asia Tenggara yang berfokus pada pemberdayaan sektor informal, Gojek berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup mitra beserta keluarganya melalui berbagai upaya.  Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pelatihan wirausaha bagi keluarga dan mitra Gojek di Balikpapan.
Kegiatan ini merupakan suatu pelatihan komprehensif yang berkelanjutan bagi keluarga dan mitra Gojek dalam menciptakan sumber penghasilan tambahan bagi keluarga.

Pelatihan ini menjangkau berbagai sektor usaha informal yang dapat diaplikasikan secara langsung, diantaranya kuliner, kerajinan tangan, fotografi dan pekerjaan spesialis lain sebagainya.

Pada pelatihan ini, Gojek menghadirkan narasumber yang inspiratif, yaitu pemilik Roti Gembong Kota Raja Faried Manaf dan pemilik Salakil Riswahyuni. Keduanya memiliki sejarah panjang hingga akhirnya bisa sukses dengan usahanya saat ini. Riswahyuni menceritakan pengalamannya dalam membangun bisnis makanan olahan salak.

"Awalnya saya bingung ingin membuka usaha apa, saya hobinya membuat kue dan melihat potensi banyaknya buah salak di Balikpapan yang terbuang percuma sehabis panen, saya berinovasi membuat kue dari bahan dasar buah salak, ternyata disukai anak-anak dan suami, kemudian saya memberanikan diri untuk menjualnya dengan bermodal awal sebesar Rp 75.000 dan alhamdulillah sekarang sudah menghasilkan laba bersih Rp 2,2 miliar," ujarnya, Rabu (31/10).

Riswahyuni menambahkan, dirinya menyadari kalau hanya berpuas diri dengan bisnis yang ada sekarang dan tidak memanfaatkan teknologi, maka akan tergerus dengan pesaing. Berbagai cara ia lakukan demi tetap bisa bertahan, termasuk belajar pemasaran di sosial media dan bergabung menjadi Mitra GoFood.

"Dulu sebelum ada Gofood saya berkeliling sendiri mengantarkan pesanan ke teman-teman, sekarang Alhamdulillah sangat membantu jadi tidak ada alasan lagi untuk teman-teman yang mau membuka usaha hingga lorong-lorong," ungkap pemilik Cake Salakilo ini.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Faried Manaf, pemillik usaha Roti Gembong Kota Raja, yang merupakan Mitra Juara Partner GoFood satu-satunya dari Kalimantan Timur. Ia membagikan motivasi kepada para peserta.

"Jika ingin membuka usaha, diawali dengan niat yang kuat dan pastinya konsistensi, biar fokus menjalani usaha, pasti ada Up dan Down, tapi kembali lagi ke niat awal, mau usaha untuk apa," pungkasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00