REPDEM Sebagai Wadah Anak Muda Yang Melek Sikon Terkini Indonesia

Politik  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 07:55:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

REPDEM Sebagai Wadah Anak Muda Yang Melek Sikon Terkini Indonesia

Ketua REPDEM Kalbar (Kanan) bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo (Tengah)/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Ketua DPD REPDEM Kalbar, Paulus Ade Sukma Yadi menyampaikan bahwa REPDEM saat ini sedang konsolidasi dengan beberapa petinggi DPD PDIP Kalbar untuk memperkenalkan REPDEM, dimana organisasi ini diharapkan menjadi wadah anak muda yang melek akan situasi dan kondisi Indonesia saat ini.
Harapannya di REPDEM, adalah wadah bagi kader-kader pontensial atau anak muda yang ingin berkarya di semua lini, secara khusus bidang Politik, mengingat REPDEM merupakan organisasi resmi yang sifatnya relawan, tentu kita harus bekerja dengan niat yang tulus, dengan semangat Gotong Royong.

"Saat ini Anak Muda diharapkan ada gerakan khususnya dalam memerangi aliran-aliran radikalisme yang saat ini merajalela, kita semua melihat beberapa kejadian real banyak sekali paham intoleran telah masuk bahkan mengerumuni kaum intelektual baik itu dikalangan mahasiswa mau pun kalangan pelajar, bahkan jika kita melihat di medsos depan mata kita bertubi-tubi postingan-postingan yang bersifat tidak menghargai pejabat negara, beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan adanya penusukan terhadap Pak Wiranto selaku Menkopolhukam, tak lama berselang ada cuitan dan postingan istri dari Aparat keamanan negara yang berakhir dengan pemecatan suaminya akibat postingan tentang Wiranto," ujarnya.

Menurutnya, pola fikir seperti ini harusnya di antisipasi, mengingat negara ini tunduk akan hukum, negara ini berlandaskan UUD 1945 Pancasila, Bhinekka Tunggal Ika dan NKRI. Keempat pilar kebangsaan tersebut jelas menjadi landasan Bangsa yang berlambang Garuda (Indonesia).

"Negara Indonesia sangat kaya akan adat budaya jika semua SDM mampu memahami akan adanya perbedaan adalah sebuah keindahan, bukan untuk saling menghujat, tidak untuk saling merasa benar, melainkan dengan berbeda suku agama, adat budaya kita semakin bangga dengan Indonesia karena NKRI adalah negara keberagaman," ungkapnya.

Ia menyatakan, REPDEM tentunya siap menjadi Garda terdepan menjunjung tinggi kemajemukan, memerangi paham-paham pemecah belah bangsa, seperti kata Soekarno, 'Berikan Saya 10 Pemuda, maka Saya akan Guncang Dunia'. Untuk hal ini, tentunya kita perlu arahan dari Dewan Penasehat, Dewan Pembina, serta Dewan Pengarah.

Ia mengatakan, target REPDEM saat ini tentunya pengukuhan secara resmi dengan menyesuaikan waktu seluruh pimpinan di DPD REPDEM Kalbar, baik itu Dewan Penasehat, Dewan Pembina dan beberapa Dewan Pengarah, secara khusus Sekjen DPP REPDEM Nasional.

"Saat ini RAPDEM memiliki struktur yang lengkap sebanyak 43 Pengurus dari Ketua hingga semua Divisi yang diisi oleh stake holder yang diseleksi atas  pertimbangan zona wilayah, unsur suku dan agama, dan memprioritaskan kesetaraan gender, karena pada prinsipnya perempuan juga wajib diberikan ruang dalam memimpin sesuai dengan kemampuan dibidangnya masing-masing sehingga  dalam REPDEM ini harapannya menjadi barometer bagi kaum muda dalam berjuang untuk menjaga binkai NKRI, baik dari pola fikir dan gerakan," bebernya.

Ia menambahkan, REPDEM juga akan terus menjaga rasa solidaritas antar pengurus dan anggota karena anggota yang kita rekrut saat ini 100 mahasiswa dan akan menargetkan 200 anggota, yang akan bergerak bersama pengurus baik itu KSB beserta jajarannya.

"REPDEM juga secara tegas menyatakan akan siap berkomunikasi, bekerjasama dengan Banteng Muda, Baguna dan Taruna Merah Putih dan Organisasi sayap PDI Perjuangan lainnya, baik secara skala lokal sampai Nasional, karena kunci menjadi sebuah organisasi akan besar adalah membuka diri dengan stakeholder. Uuntuk itu, kita sangat berterima kasih kepada politikus-politikus PDI Perjuangan Kalbar yang telah bersedia membina, mengarahkan serta menggiring kami menjadi kader-kader Banteng kedepannya.

Pihaknya berharap kader-kader REPDEM akan menjadi manusia yang berguna, berakhlak baik, bermartabat menjunjung tinggi rasa solidaritas.

"Terpenting, jika saya mengutip semangat juang yang ditanamkan Ketua DPD PDIP Kalbar, Bapak Lasarus, S.Sos., M.Si., mari bekerja dengan riang gembira dengan semangat gotong royong," pungkasnya mengakhiri. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00