Pengamat Hukum Tata Negara: Kinerja KPK Langgar HAM!

Hukum  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 16:47:00 WIB | LAPORAN: REZA TRI NURYANTONO

Pengamat Hukum Tata Negara: Kinerja KPK Langgar HAM!

KPK/Net

RMOLKalbar. Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Universitas Muhammadiyah Pontianak, Denie Aminuddin menerangkan, langkah yang di ambil DPR-RI terkait RUU KPK sudah cukup tepat, karena selama ini tindakan yang dijalankan KPK banyak melanggar UU KUHP dan KUHAP.
"Menurut pendapat saya, langkah apa yang diambil DPR untuk mengurangi kewenangan KPK itu sudah cukup tepat, sebab selama ini lembaga Anti Korupsi tersebut semakin 'overload' dalam bertindak, contoh saja jika mendatangi rapat anggota DPR dengan membekali diri dengan senjata yang membuat ini terlihat berlebihan yang seakan KPK berani mencubit DPR dan Presiden, yaitu pihak yang sudah membuat Undang-Undang (UU) untuk mereka," terangnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Senin (7/10).

Denie yang juga berprofesi sebagai Dosen Hukum Universitas Muhammadiyah Pontianak tersebut, kembali mempertanyakan keleluasaan KPK dalam menyadap komunikasi dan melarang seorang pidana untuk ditemui pihak keluarga, bahkan pengacara, yang jelas melanggar UU KUHP dan KUHAP.

"Dan yang menjadi pertanyaan apakah alat penyadap yang dimiliki KPK itu sah? Padahal setiap warga negara tidak boleh merasa terintimidasi, kemudian saat lembaga tersebut menahan seseorang dan pelaku, tidak dapat ditemui, didampingi atau dijumpai dari pihak keluarga maupun pengacaranya selama 6 hari, itu merupakan pelanggaran HAM! Jadi, apa yang dilakukan KPK sudah banyak menabrak Pasal-Pasal KUHP dan KUHAP yang seolah membuat mereka memiliki kuasa sendiri," ungkap Pengamat Hukum Tata Negara ini.

Denie menyimpulkan, apa yang dilakukan DPR-RI dengan menunjukkan 'Tajinya', dengan mengubah UU KPK yang membuat posisinya sesuai dalam Tata Negara di Indonesia, itu sudah tepat. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00