Festival Saprahan Dalam Pelestarian Budaya Melayu Pontianak

Budaya  KAMIS, 03 OKTOBER 2019 , 09:11:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD ROKIB

Festival Saprahan Dalam Pelestarian Budaya Melayu Pontianak

Staf Ahli Pemkot Pontianak, Iwan Amriady/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Festival Saprahan pelajar SMP se-Kota Pontianak di gelar dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya melayu di Kota Pontianak. Giat tersebut dilaksanakan di Rumah Adat Melayu, Pontianak, Rabu (2/10).
Pelaksanaan festival Saprahan tersebut diikuti dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Pontianak. Festival saprahan ini merupakan bagian dari budaya yang dimiliki oleh masyarakat Kota Pontianak, sebagai bentuk kebersamaan dalam menjaga dan merawat budaya yang ada di Kota Pontianak.

"Kita itu bersama-sama, yang kedua, jika kita tidak bisa menjadi pemimpin maka kita harus ikut dengan pemimpin," ucap Iwan Amriady selaku Staf Ahli Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Bidang Hukum dan Politik kepada Kantor Berita RMOLKalbar.

Festival Saprahan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Menurutnya, pelaksanaan festival tersebut sudah direncanakan sejak lama oleh Pemkot Pontianak.

"Jadi, penyesuaiannya memang bertepatan dengan Hari Batik Nasional, kemudian baru kita dapat edaran dari pemerintah atau gubernur, bahwa kita harus menggunakan Batik Nasional," ungkapnya yang juga sebagai Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Pontianak.

Iwan menyebut, dalam pelaksanaan kegiatan ini sedikit berbeda, karena yang sebenarnya para undangan menggunakan baju kurung, akan tetapi pada waktu itu para undangan menggunakan baju batik.

"Karena hal itu kebijakan nasional, maka kita semua harus tetap menggunakan baju batik seperti yang instruksikan," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan festival tersebut, diselenggarakan juga berbagai lomba, seperti lomba saprahan, maupun agenda untuk mencari bibit generasi muda untuk melestarikan budaya melayu di Kota Pontianak.

"Sebagaimana budaya saprahan melayu Kota Pontianak ini diakui oleh Kementerian," pungkasnya mengakhiri. [ben]


Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00