Romi Didakwa Bersama Menag Terima Suap Jual Beli Jabatan Di Kemenag

Hukum  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 20:44:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Romi Didakwa Bersama Menag Terima Suap Jual Beli Jabatan Di Kemenag

Foto: RMOL

RMOL. Politisi PPP, M Romahurmuziy alias Romi didakwa bersama-sama dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima uang sebesar Rp 325 juta dalam kasus dugaan jual-beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).
Hal itu sebagaimana pembacaan dakwaan yang disampaikan Jaksa KPK Wawan Yunarwanto di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (11/9).

Terdakwa bersama-sama dengan Menag Lukman Hakim menerima uang senilai Rp 325 juta," ujarnya.

Wawan menyebut bahwa Romi dan Lukman menerima uang itu dari terpidana Haris Hasanuddin. Aliran dana itu disebut berkaitan dengan proses pengangkatan Haris Hasanuddin sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Dalam proses seleksi jabatan tinggi di Kemenag, urai Wawan, Haris Hasanuddin memiliki catatan bermasalah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KASN sempat meminta Menag Lukman membatalkan pencalonan Haris.

Kemudian, Romi sempat berkoordinasi dengan Menag Lukman agar tetap mengangkat Haris sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Permintaan itu pun disanggupi oleh Menag Lukman.

"Terdakwa mengetahui atau patut menduga uang itu diberikan karena terdakwa telah melakukan intervensi baik langsung ataupun tidak langsung terhadap proses pengangkatan Haris Hasanuddin," tuturnya.

Atas perbuatannya, Romi didakwa melanggar pasal 12 huruf b atau pasal 11 UU 31/1999 sebagaimana diubah dalam UU 20/ 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP. []


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00