Muda: Target 4 Tahun Ke Depan, Desa Tertinggal Dan Sangat Tertinggal, Nol!

Daerah  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 08:00:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD ROKIB

Muda: Target 4 Tahun Ke Depan, Desa Tertinggal Dan Sangat Tertinggal, Nol!

Muda Mahendrawan/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Rapat kerja (raker) kepala desa (kades) se-Kabupaten Kubu Raya dilaksanakan di Hotel Gardenia, jalan Ahmad Yani, Selasa (10/9).
Pada kesempatan itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan bahwa Raker tersebut bertujuan untuk melakukan percepatan, seperti halnya yang telah diberikan suatu ketetapan terhadap pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) untuk percepatan program kerja.

"Sehingga pada tanggal 30 Desember sudah selesai RPJMDes menjadi APBDes.  Sehingga awal tahun anggaran sudah mulai, dan tidak ada lagi yang terlambat seperti kejadian yang lalu-lalu," ujarnya.

Muda menilai, dengan cara itu akan lebih dimudahkan untuk percepatan-percepatan terhadap target sasaran.

Kemudian, Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalankan implementasi terhadap sistem pengelolaan desa dengan transaksi non tunai yang terhubung langsung dengan Bank Daerah.

"Dengan cara aplikasi Cash Management System (CMS), yang kemaren hanya 28 desa dan sudah berjalan. Hal itu sudah luar biasa dan sudah membentengi, membangun transparansi dan akuntabilitas yang jelas dan tidak banyak mengeluarkan energi terbuang," jelasnya.

Muda menjamin program kerja tersebut akan berjalan dengan maksimal.

"Kita minta kepada semua desa agar bulan Desember nanti semuanya sudah ber-MoU dengan Bank Daerah dan dari 123 desa yang ada di Kubu Raya ini bisa melakukan transaksi dengan non tunai melalui CMS dan dengan 230 miliar anggaran desa ditambah ADD itu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan target mengejar desa mandiri," ungkapnya.

Menurutnya, dengan berjalannya program tersebut, maka menjamin akan bertambahnya angka Desa Mandiri di Kabupaten Kubu Raya. Sehingga menjadikan desa mandiri tetap selalu bertambah, yang sesuai dengan arahan Gubernur dan sesuai dengan Undang-undang.

"Target 4 tahun kedepan adalah di Kabupaten Kubu Raya, Desa yang tertinggal dan sangat tertinggal itu berjumlah nol. Dan kita kejar dengan data yang rill. Termasuk BUMDesa yang masih kisaran lebih 60 desa yang masih belum ada. Maka kita dorong sehingga kedepan bisa tercipta dengan maksimal. Kita dorong APDes dan BUMDes yang ada di desa untuk menopang percepatan desa mandiri yang ada di Kubu Raya," tukasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00