"Kopi Juragan" Merupakan Kopi Khas Desa Punggur

Ragam  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 21:58:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD ROKIB

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Pemuda Desa punggur telah berhasil menegelola sumber daya alam berupa buah kopi, yang mulanya masyarakat hanya mengelola menjadi bubuk, akan tetapi pemuda yang berasal dari Desa Punggur ini telah berhasil mengemas biji kopi menjadi kemasan yang diberi nama "Kopi Juragan".
Saat ini perkembangan usaha Kopi Juragan mulai berkembang,  yang terbentuk pada bulan September tahun 2018. Dengan perlahan akan tetapi semakin meningkat. Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Rudiyansyah sebagai ketua Komunitas Kopi Juragan.

"Alhamdulillah sejauh ini perkembangan kopi juragan cukup meningkat walau perlahan, karena kami masih sambil belajar, belajar dari hulu-hilirnya, karena menambah kapasitas pengetahuan kami dibidang kopi dan berwirausaha ini menjadi modal dalam mengembangkan usaha ini, selain kami menawarkan produk kopi, kami juga melakukan edukasi kepada konsumenn mengenai kopi, sesuai dari apa yg kami pelajari dan kami dpatkan, dan  melalui perkembangan teknologi terlebih sosial media juga sangat mendukung tersebarnya info ke masyarakat luas mengenai produk kopi, yang juga membawa pada penambahan konsumen baru terhdap Kopi Juragan," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Senin (9/9).

Alasan memberikan nama Kopi Juragan, salah satunya terinspirasi oleh nama dari suatu komunitas ataupun memiliki usaha, baiknya diberikan nama yang baik karena sebuah nama merupakan doa yang sering diucapkan semua orang.

"Kami percaya bahwa nama adalah doa, dan seringnya nama/perkataan baik itu diucapkan dan disebutkan maka ia menjadi doa yang selalu dipanjatkan, ya intinya berharap para pemuda Punggur dengan merintis kopi ini dan belajar berwirausaha kelak mejadi seorang Juragan, baik juragan kopi maupun komoditi lainnya yang ada di Punggur," lanjutnya.

Selanjutnya, banyak yang penasaran terkait rasa Kopi Juragan yang mempunyai ciri khas berbeda dengan kopi yang lain. Rudi memperjelas bahwa Kopi Juragan memang mempunyai ciri khas berbeda, salah satunya adalah Kopi Juragan murni dari biji kopi Punggur.

"Rasa tradisional dan aroma kopi yang harum sangat identik. Karena Kopi Juragan murni 100% dari biji kopi dan tanpa campuran bahan baku lainnya. Sehingga cita rasa dan aroma clasiknya kopi tetap terjaga," pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00