MKCHM Sebagai Ideologi Muhammadiyah

Opini  SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:19:00 WIB

MKCHM Sebagai Ideologi Muhammadiyah

Syarif Syamsurizal/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Agaknya pembahasan ini terlihat berat tapi mudah-mudahan ringan dipahami dan saya akan coba buat ini jadi simpel.
Dirumuskan di Muktamar Muhammadiyah ke-37 di Yogyakarta tahun 1968, tepat saat itu kepemimpinan ada di tangan Kyai Ahmad Badawi.

Nantinya, di Muktamar ini akan terpilih Kyai Faqih Usman, namun dalam perjalanan setelah terpilih, ia hanya memimpin Muhammadiyah dalam beberapa bulan saja karena Allah berkehendak lain atas usianya.

Jadilah, ia Ketua Muhammadiyah paling sebentar dan estafet kepemimpinan langsung diberikan kepada Kyai A.R. Fachruddin sebagai ketua paling lama nantinya.

Kyai Faqih Usman adalah salah satu orang yang terlibat dalam proses perumusan teks formal Muhammadiyah ini, yang wajib diketahui guna memahami ideologi.

Sejarahnya Matan Keyakinan Dan Cita-cita hidup Muhammadiyah (MKCHM) ini dahulu konon dalam pembahasannya sempat ingin bernama 'Ideologi Muhammadiyah'.

Namun kala itu, penggunaan kata 'Ideologi' dalam teks-teks organisasi amat riskan dan tabu, karena rezim pemerintahan tengah gencar-gencarnya melakukan revitalisasi Ideologi Pancasila Pasca G30S PKI, sehingga penggunaan kata 'Ideologi' selain penisbatan kepada Pancasila, amat terlarang dan sensitif.

Akhirnya dengan piawai forum muktamar menamai teks formal tersebut dengan nama 'Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah', yang tak lain artinya sama dengan 'Ideologi Muhammadiyah'.

Inilah salah satu cara Muhammadiyah bertahan bertahun-tahun, kedalaman berfikir dengan menempuh cara terbaik dan baik untuk merumuskan sebuah formula.

Muhammadiyah selalu punya cara dan cerita kreatif di tiap era, dengan hal tersebut membuktikan bahwa Muhammadiyah sebagai gerakan amat hati-hati dan bijak dalam menentukan langkah demi langkah perumusan organisasi. [ben/***]


Syarif Syamsurizal
Penulis adalah Pegiat Literasi dan Kader Muhammadiyah Kalimantan Barat


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00