Yanieta: Pelaku PIRT Diwajibkan Punya Sertifikat

Ekbis  KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 09:14:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Yanieta: Pelaku PIRT Diwajibkan Punya Sertifikat

Yanieta Arbiastutie Edi Kamtono/Humas

RMOLKalbar. Sebanyak 20 pelaku Pelaku Pangan Industri Rumah Tangga binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak diberikan pelatihan penyuluhan keamanan pangan dalam rangka Pengujian dan monev produk pangan Industri Rumah Tangga (IRT) untuk memperoleh sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (SPP-IRT), yang dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Edi Kamtono di gedung UMKM Center, jalan Sultan Abdurahman Pontianak, Selasa (6/8).
Yanieta menuturkan, kegiatan itu sangat diperlukan bagi pelaku usaha makanan dan minuman sebagai modal dasar untuk mengetahui apakah produk mereka layak untuk di Konsumsi.

"Hal ini penting karena produk ini akan dikonsumsi oleh kita kalau nggak layak dan sehat kita nggak akan makan," tegasnya.

Menurutnya, hal itu juga telah disampaikan ke jajaran pengurus Dekranasda Kota Pontianak agar produk makanan dan minuman yang masuk di gedung UMKM Center merupakan produk yang telah memiliki sertifikat produksi pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

"Bagi yang belum memiliki sertifikasi harus mengikuti kegiatan ini karena pelatihan ini merupakan dasar, nanti setelah itu tempat produksi nya juga akan dicek oleh dinas kesehatan baik kelayakan dapur maupun penyimpanan bahan baku," ujarnya yang juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak.

Yanieta menambahkan, pelaku pangan Industri Rumah Tangga tidak hanya cukup memiliki SPP-IRT tetapi juga akan diberikan pelatihan packaging karena memiliki peranan penting sehingga dengan melihat saja orang menjadi tertarik untuk membeli.

"Kita maunya packagingnya bagus, makanannya sehat, aman dan enak," tuturnya.

Mengingat PKK Kota Pontianak dan Pemerintah Kota Pontianak berjalan bersama melakukan pembinaan kepada pelaku usaha makanan dan minuman yang di Kota Pontianak, Yanieta berharap kegiatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi peserta untuk menumbuh kembangkan wira usaha dan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan yang ada untuk didaya gunakan semaksimal mungkin. [ben]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00