Satpol PP Goes To School

Pendidikan  RABU, 24 JULI 2019 , 08:23:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Satpol PP Goes To School

Foto/Humas

RMOLKalbar. Tim Satpol PP Provinsi Kalbar bersama Satpol PP Kota Pontianak mengunjungi SMA Negeri 7 Pontianak dalam rangka kegiatan 'Satpol PP Goes to School', Selasa (23/7).
Dalam kegiatan ini, para pelajar diberikan pembinaan dan pemahaman mengenai penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah Provinsi Kalbar.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Satpol PP Provinsi Kalbar, Bulyadi, S.IP. yang menjelaskan kepada pelajar tentang kedudukan, tugas dan fungsi dari Satpol PP.

"Satpol PP itu dibentuk berdasarkan Pasal 255 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yaitu untuk melaksanakan tugas dan fungsi menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta perlindungan masyarakat," ungkapnya.

Ketika memberikan pembinaan kepada adik-adik pelajar, diterangkan pula olehnya bahwa ada kesalahpahaman di mata masyarakat tentang Satpol PP sehingga citra dari Satpol PP menjadi negatif.

"Satpol PP seringkali dianggap kasar, arogan, semena-mena dan melanggar HAM ketika menjalankan tugasnya. Pemahaman seperti inilah yang salah sehingga perlu diberikan penjelasan kepada adik-adik pelajar mengenai apa peran sebenarnya dari Satpol PP itu," terangnya.

Menurutnya, Satpol PP itu tidaklah kasar, arogan, semena-mena atau melanggar HAM, sebab dalam bertugas Satpol PP tentu sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dikerjakan.

"Kalau seandainya tidak ada Satpol PP yang menegakkan aturan-aturan Perda dan Perkada, menjaga ketertiban umum dan ketentraman, serta perlindungan masyarakat, maka orang dengan seenaknya dapat berjualan sembarangan, membuang sampah ke sungai seenaknya, membangun berlebihan sehingga membuat semeraut. Itulah yang perlu kita pahami bersama bahwa dalam setiap tindak dan tanduk kita, ada hak orang lain yang tak boleh kita langgar," tegasnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 7 Pontianak, Dwi Oktavia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Satpol PP Provinsi Kalbar yang telah mengunjungi SMA 7 Pontianak.

"Memang betul, adik-adik pelajar kita ini perlu dilakukan pembinaan. Mereka inikan putra dan putri masa depan bangsa sehingga mereka harus dibina dengan baik agar mempunyai karakter-karakter yang dapat mendukung masa depan mereka," ujarnya.

Ia pun berharap agar pembinaan-pembinaan yang dilakukan oleh Satpol PP Provinsi Kalbar maupun Satpol PP Kota Pontianak dapat terus berlanjut.

"Harapannya, pelajar dari SMA 7 Pontianak ini dapat lebih tentram dan tertib lagi, utamanya dalam mematuhi peraturan-peraturan sekolah," tutupnya. [ben]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00