Implementasi Program IP Pintar Untuk Tingkatkan SDM Kelistrikan Kubu Raya

Pendidikan  SELASA, 23 JULI 2019 , 07:36:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Implementasi Program IP Pintar Untuk Tingkatkan SDM Kelistrikan Kubu Raya

Bupati Muda bersama Direktur Utama PT. Indonesia Power/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjalin kerjasama dengan PT. Indonesia Power dalam bidang Implementasi Program IP Pintar (Internship, Asesmen dan Sertifikasi).
Kesepakatan kerjasama tersebut ditandatangani Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Direktur Utama PT. Indonesia Power Muhammad Ahsin Sidqi di Ruang Rapat Praja Satu Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (22/7).

Direktur Utama PT. Indonesia Power, Muhammad Ahsin Sidqi mengungkapkan, program IP Pintar sudah berjalan di beberapa provinsi di Indonesia dengan hasil yang sangat bagus. Ia menerangkan, sasaran dari program ini adalah STM atau SMK yang lulusannya nantinya berkesempatan menjadi menjadi operator maupun teknisi di Indonesia Power.

"Komitmen Indonesia Power terhadap Indonesia dalam mengembangkan kelistrikan itu sangat tinggi, khususnya pada batu bara," ungkapnya.

Ahsin menjelaskan, program kerjasama bertujuan menyiapkan sumber daya manusia kelistrikan. Setelah nota kesepahaman, pihaknya akan memberikan beberapa tahapan kepada siswa SMK maupun STM. Menurutnya, dengan menyelesaikan program IP Pintar ini, para siswa SMK maupun STM akan mendapatkan sertifikat kompetensi dan sertifikasi ketenagalistrikan serta mendapatkan peluang untuk bekerja di PT. PLN (Persero).

"Adik-adik pelajar SMK atau STM nanti akan mendapatkan sertifikasi level satu kelistrikan, pada tahap berikutnya bisa juga mendapatkan sertifikasi level dua," ujarnya.

Ia menyebutkan, program IP Pintar pada dasarnya sudah ada dan telah diterapkan di SMK. Program dari Indonesia Power sendiri, menurutnya, untuk mempertajam agar siswa-siswa SMK nantinya siap untuk bekerja.

"Sehingga nantinya mereka (pelajar SMK) bukan hanya sekolah untuk lulus saja, namun melahirkan lulusan yang siap kerja. Bukan hanya di PLN saja," bebernya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik kerjasama dengan PT. Indonesia Power. Menurutnya, hal itu menjadi peluang bagi generasi muda Kubu Raya sehingga dapat berkontribusi bagi daerah dan bangsa.

"Mudah-mudahan perencanaan yang dilakukan oleh Indonesia Power berjalan dengan lancar. Dan tentunya kita akan menyiapkan siswa-siswa yang bisa turut serta dalam program ini," terangnya.

Muda mengatakan, program seperti IP Pintar sangat diharapkan. Karena program tersebut semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan peluang baik bagi Kabupaten Kubu Raya.

"Dari komunikasi awal, kami sudah menyambut baik rencana ini. Ke depannya akan dilakukan koordinasi yang lebih intensif dari Pemerintah Kubu Raya melalui instansi terkait," katanya.

Menurutnya, program tersebut sudah komprehensif dan menjadi peluang yang luar biasa karena akan menyerap banyak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di kelistrikan.

Indonesia Power atau IP adalah anak perusahaan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menjalankan usaha komersial pada bidang pembangkitan tenaga listrik. Saat ini Indonesia Power merupakan perusahaan pembangkitan listrik dengan daya mampu terbesar di Indonesia. [ben]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00