Politik Rekonsiliasi, Bisa Menyejukkan Atau Tidak?

Politik  MINGGU, 30 JUNI 2019 , 12:41:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Politik Rekonsiliasi, Bisa Menyejukkan Atau Tidak?

Pengamat Politik, Zulfydar Zaidar Mochtar/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Pengamat Politik, Zulfydar Zaidar Mochtar, S.E., M.M mengomentari terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai hasil sidang sengketa Pilpres 2019 pada Kamis malam (27/6) lalu, merupakan suatu keputusan yang sudah final.
"Tidak ada lagi 01 ataupun 02, yang ada sekarang Rakyat Indonesia. Yang kedua juga telah menyampaikan bahwa intinya mereka akan mengkaji secara hukum atas keputusan MK, kemungkinan akan masih menyalurkan hukum-hukum selama masih ada kesempatan, dan termasuk saya merasa sedih karena melihat secara umum 02 lebih diunggulkan di Kota Pontianak dan sekarang sudah waktunya melakukan rekonsiliasi dan bekerja sama," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Jumat (28/6).

Dalam hal ini, lanjutnya, pemenang ini harus mampu menunjukkan dalam upaya membangun bangsa bersama sama. Zulfy berharap pemimpin sekarang bisa merealisasikan janji-janjinya, karena itu adalah bukti realisasi janji-janjinya semasa kampanye.

"Sudah saatnya rakyat ini bersinergi untuk memajukan bangsa serta alat negara bisa mengayomi dan melindungi rakyat. Tetapi, untuk meredakan efek dari kejadian yang berlangsung selama Pilpres, sebaiknya diadakan suatu negosiasi antar pemimpin (antara kubu 01 dan kubu 02), sehingga bisa bersinergi dalam membangun negara ini," ujar Ketua Divisi Pengembangan Daerah Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) ini.

Menurutnya, yang terpenting apakah sekarang politik bisa memberikan efek menyejukkan dan mampu menunjukan pemenang yang sesungguhnya?

"Jika memungkinkan, pasti ada bentuk tawaran rekonsiliasi untuk membangun bersama bangsa ini. Apabila permasalahan ini terus berlanjut tanpa ada suatu negosiasi, kemungkinan besar akan terjadi lagi (gesekan) selama 5 tahun ke depan," tukasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00