MABM Kalbar Akan Gelar 'Ragam Motif Melayu 2019'

Budaya  KAMIS, 30 MEI 2019 , 14:19:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

MABM Kalbar Akan Gelar 'Ragam Motif Melayu 2019'

Suasana Rapat Panitia Ragam Motif Melayu MABM 2019/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat dalam waktu dekat berencana akan menggelar Kegiatan Ragam Motif Melayu 2019.
Rapat panitia penyelenggara kegiatan diselenggarakan di Gedung Balairungsari, Kompleks Rumah Melayu, jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Selasa (28/5).

Ketua OC Kegiatan, Dony Usman mengungkapkan bahwa kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama dari kalangan etnis Melayu, agar dapat melestarikan khasanah budaya Melayu di Kalimantan Barat.

"Harapannya, masyarakat Melayu Kalimantan Barat dapat semakin bangga dengan khasanah budaya dimilikinya," ujarnya.

Ketua SC Kegiatan, Ahmad Roffi Faturrahman mengungkapkan, rencana besar yang akan digagas dalam memajukan Motif Melayu dimulai dari ide awal kegiatan MABM ini, yang melihat dari kurangnya pengembangan Motif Melayu, serta adanya medsos yang salah satu efeknya menyebabkan keadaan budaya daerah ini semakin krisis, dimana anak muda kurang peduli, serta lebih cenderung mengambil instrumen dari luar, sehingga perlu adanya suatu kegiatan yang meningkatkan regenerasi muda di Motif Melayu.

"Penyebab dari kurangnya minat generasi muda karena tidak ada regenerasi, serta kurangnya perhatian terhadap Motif Melayu, sehingga menjadikan salah satu faktor mundurnya pengetahuan Motif Melayu untuk generasi muda," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar.

Dari hal tersebut, lanjutnya, perlu ada suatu kegiatan yang memicu timbulnya kesadaran dan kecintaan terhadap motif melayu.

"Salah satu kegiatan yang diharapkan bisa memacu hal tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan dengan tema 'Ragam Motif Melayu MABM 2019'. Kegiatan tersebut haruslah terkonsep secara matang, sehingga kesan dari kegiatan tersebut bisa menampilkan Motif Melayu kepada masyarakat, serta timbullah kecintaan dan regenerasi baru yang mampu melestarikan ini," terangnya.

Ia juga berharap dari kegiatan 'Ragam Motif Melayu MABM 2019' ini dapat memicu generasi muda yang baru.

"Untuk kegiatan ragam ini didapat dari beberapa daerah sehingga harus diterima karena merupakan salah satu kekayaan Melayu. Dalam hal tersebut, akan melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Setelah merumuskan kegiatan, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi upaya kita bersama dalam mempertahankan budaya Melayu," tuturnya.

Tokoh Melayu Kalbar, Heri Bastaman menyatakan bahwa festival seni budaya Melayu dilakukan 2 tahun sekali, yang merupakan suatu event dalam mensosialisasikan Motif Melayu.

"Namun dalam kegiatan tersebut, efek yang dirasakan masih sangat minim dan kurang dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat," ungkapnya.

Menurut Heri yang juga sebagai Pengurus MABM Kalbar ini, menerangkan bahwa setelah kegiatan, terkadang hanya berhenti di internal saja, sehingga kurang tersosialisasi.

"Maka melalui kegaiatan ini yang juga sebagai bentuk inisiatif dari MABM Kalbar menyatakan sebaiknya kita buka secara umum serta penerapan Motif Melayu di berbagai aspek, misalkan diterapkan pada arsitektur bangunan, motif baju dan lain-lain, sehingga Motif Melayu-nya tetap tersampaikan," tuturnya.

Heri menambahkan, bentuk dari kegiatan ini akan terbagi menjadi 4 rangkaian, diantaranya: Sayembara dan Seminar Motif Melayu yang akan disampaikan oleh 3 pembicara, salah satunya dari Universitas Kebangsaan Malaysia, yang diharapkan peserta dapat mendalami filosopinya. Selain itu, juga akan diadakan pameran Karya Melayu dan Workshop.

"Event ini mempunyai target agar Motif Melayu bisa memasyarakat, sehingga bisa diterima dan dicintai oleh semua kalangan masyarakat, semisalnya saja Motip Melayu dapat digunakan dan diterapkan pada Tanjak, Ornamen Bangunan, Baju Telok Belanga' dan lain sebagainya. [ben]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00