Pondok Pesantren, Alternatif Utama Pendidikan Anak-Anak Kita

Pendidikan  SABTU, 25 MEI 2019 , 13:41:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Pondok Pesantren, Alternatif Utama Pendidikan Anak-Anak Kita

Sujiwo/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menginginkan Pondok Pesantren menjadi pilihan utama bagi para orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya. Hal itu diutarakan Sujiwo saat menghadiri imtihan di Pondok Pesantren Yayasan Pendidikan Islam Ma’ad Al Faqihil Muqoddam Parit Gondang Legi, Desa Durian, Sungai Ambawang.
Menurutnya, pendidikan di Pondok Pesantren sangat lengkap, sehingga sangat disayangkan jika saat ini masih banyak orang tua menjadikan Pondok Pesantren belum sebagai pilihan utama ketika akan menyekolahkan anak-anaknya. Banyak orang tua selalu mengutamakan pilihan sekolah-sekolah formal unggulan sebagai pilihan utama.

Padahal, sambungnya, dengan masuk Pesantren anak-anak akan mendapatkan pendidikan yang lebih kompleks dan lengkap. Pendidikan formal dan non formal dapat dirasakan secara bersama-sama dalam Pondok Pesantren.

"Saya berharap kedepan agar pendidikan di Pondok Pesantren menjadi pilihan utama bagi para orang tua khususnya di Kubu Raya agar menjadikan Pondok Pesantren sebagai pilah utama dalam menyekolahkan anak-anaknya. Sebab di Pondok Pesantren anak-anak akan mendapatkan pendidikan yang lebih lengkap. Pendidikan agama dan akhlaknya dapat dan pendidikan formalnya juga dapat. Disamping itu kehidupan sehari-harinya akan lebih teratur dan terarah," ujarnya.

Sujiwo mengatakan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi lembaga-lembaga pendidikan Pondok Pesantren di Kubu Raya, yang mana sampai saat ini Kubu Raya merupakan Kabupaten dengan Pondok Pesantren terbanyak di Kalimantan Barat.

Dikatakannya pula, lulusan Pondok Pesantren juga banyak menghasilkan anak-anak berprestasi dan anak-anak berbakat. Sujiwo mencontohkan bahwa jebolan pesantren yang jadi atlet juga banyak. Salah satunya adalah atlet Sepak Bola yang tergabung dalam Timnas.

"Jebolan pesantren juga banyak anak-anaknya berprestasi baik lokal, Nasional dan Internasional. Banyak juga lulusan pesantren menjadi atlet berprestasi, mendapatkan beasiswa di luar negeri juga banyak anak-anak santri. Jadi pendidikan di Pondok Pesantren harus menjadi pilihan utama para orang tua kedepan," ujarnya saat menghadiri imtihan di Pondok Pesantren Yayasan Pendidikan Islam  Ma’ad Al Faqihil Muqoddam parit Gondang Legi, Desa Durian Sungai Ambawang, Jumat (24/5).

Sujiwo menambahkan, dirinya bersama Pemerintah Kubu Raya akan selalu memberikan dukungan penuh kepada Pondok-Pondok Pesantren di Kubu Raya, untuk dapat terus berkembang dan bertumbuh menjadi tempat-tempat pendidikan yang berkualitas di Kubu Raya. Yang akan menghasilkan generasi Kubu Raya yang berakhlak, bermoral dan bermartabat.

"Pemerintah Kubu Raya akan selalu memberikan dukungan penuh untuk pondok-pondok pesantren di Kubu Raya terus berkembang dan maju, untuk menyiapkan pendidikan yang berkualitas dan melahirkan generasi Kubu Raya yang berakhlak mulia, bermoral dan bermartabat," terangnya. [ben]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00