Habib Kite (Bagian 2)

Indahnya Saling Memaafkan

Tokoh  KAMIS, 16 MEI 2019 , 10:11:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Indahnya Saling Memaafkan

Habib Abdullah RIdho Bin Yahya/RMOLKalbar

Kali ini kita akan mengupas tentang bagaimana kita dapat memberikan maaf kepada sesama saudara kita.
Maaf adalah sebuah perbuatan yang mana itu kemudian muncul dari hati yang tulus mengharapkan keridhoan Allah SWT dan mempunyai nilai ibadah.

Maaf itu sendiri kemudian bisa juga mendapatkan kemanfaatan yang besar disisi Allah, yaitu berupa ganjaran surga dari Allah SWT.

Pernah suatu ketika, di zaman Rasulullah SAW, saat itu Rasulullah menyampaikan bahwa nanti di hari kiamat, ketika semua orang berkumpul di padang mahsyar, Allah akan memanggil orang yang selama hidupnya mereka saling memberi maaf kepada sesamanya, saling meminta maaf dan memberi maaf kepada sesama saudaranya.

Dan disaat itu, Allah menyuruh mereka untuk berdiri, tetapi mereka ternyata saat itu tidak banyak yang berdiri dihadapan Allah SWT, dikarenakan memberi maaf ternyata bukanlah suatu perbuatan yang mudah dibuat oleh manusia.

Namun, kita sebagai makhluk Allah, sudah semestinya senantiasa berusaha untuk berbuat baik, terutama bagaimana kita bisa memberi maaf kepada orang-orang yang pernah berbuat salah dan menyakiti hati kita, serta sebaliknya kita juga mesti meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita sakiti hatinya.

Maka, para Ulama-Ulama Ahli Hikmah menyampaikan, apabila kau ingin pergi tidur, maka setelah kau membaca doa tidur dan berdzikir kepada Allah, setelah itu kemudian kau maafkan, kau ingat kembali kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan orang kepadamu kemudian kau maafkan mereka sebelum kau pergi tidur.

Inilah amalan Ulama-Ulama kita terdahulu, yakni orang-orang yang memegang teguh keimanannya.

Sesungguhnya orang-orang yang kemudian mereka saling memaafkan kepada sesama saudaranya, maka Allah SWT akan menghancurkan dosa-dosa orang tersebut.

Ketahuilah, ketika sesama kita saling bersalaman, kemudian saling memaafkan, yang satu meminta maaf dan yang satunya lagi memaafkan, atau sebaliknya, maka disaat mereka bersalaman tersebut, maka akan Allah rontokkan semua dosa-dosanya.

Semoga Allah SWT melimpahkan kepada kita keberkahan umur dan menjadikan kita sebagai orang-orang yang senantiasa mampu memberi maaf, walaupun kita merasa di dzalimi dan sebagainya, tetapi kita masih tetap bisa memberi maaf kepada siapapun.

Semoga Allah SWT mengangkat derajatku dan juga derajat kalian. [ben/***]


Habib Abdullah Ridho Bin Yahya
Penceramah adalah Khodim MCR Ar-Ridho


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00