Kejar Peluang Potensi Ekonomi Dengan Kreativitas Dan Inovasi Anak Muda

Pariwisata  SENIN, 13 MEI 2019 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Kejar Peluang Potensi Ekonomi Dengan Kreativitas Dan Inovasi Anak Muda

Sutarmidji saat melihat produk-produk UMKM Singkawang/Humas

RMOLKalbar. Gubernur Kalbar H. Sutarmidji dorong komunitas anak-anak muda Kota  Singkawang untuk berkreativitas dan berinovasi melakukan berbagai kegiatan potensi ekonomi, melihat dan kejar peluang potensi ekonomi, gunakan teknologi digital sebagai sarana usaha.
"Seperti handphone android, bukan untuk ngabiskan duet, tetapi bisa menghasilkan duit," katanya saat membuka Ramadhan Fair Kota Singkawang dan pameran UMKM komoditas anak-anak muda Kota Singkawang, Minggu (12/5).

Menurutnya, anak-anak muda di kota-kota besar yang duduk di warung atau cafe dengan membawa satu buah laptop dan handphone, sebetulnya die sedang melakukan usaha ekonomi melalui media online, banyak anak-anak muda Kalbar di kota besar yang melakukan penjualan transaksi ekonomi memanfaatkan media online," jelasnya.

Bagi pelaku UMKM, saat ini banyak dikelola anak muda, lanjutnya, dirinya berharap mereka dapat mengemas hasil-hasil yang dijual pada momentum Ramadhan Fair yang sekaligus pelaksanaan pameran UMKM, diharapkan pada tahun-tahun berikutnya lebih banyak lagi mengikuti kegiatan ini.

"Saya liat produk-produk yang dijual cukup bagus. Kegiatan semacam ini perlu disosialisasikan juga," tutur.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji mengapresiasi Kota Singkawang sebagai penyandang Kota Terbaik Bertoleransi seluruh Indonesia dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, terutama usai pelaksanaan pesta demokrasi.

"Pemerintah Kota Singkawang harus dapat menyiapkan skil SDM masyarakat, sehingga mampu bersaing dan menjawab pasaran kerja yang ada. Pelabuhan Samudera Kijing menjadikan Singkawang sebagai daerah yang strategis, harus dapat menangkap peluang-peluang potensi ekonomi. Selain itu, Kota singkawang harus dapat membuat terobosan serta meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Sutarmidji menjelaskan, sewaktu dirinya menjabat sebagai Wali Kota Pontianak, semua saya lakukan. Mulai dari pemantauan lalu lintas jalan serta pelanggaran yang dilakukan masyarakat, seperti parkir sembarangan tidak pada tempatnya.

"Dimanapun saya berada dapat ditegur dan dalam tempo beberapa menit petugas sudah datang," ucapnya.

Pada tahun 2015 dan 2016, sambungnya, Kota Pontianak termasuk sebagai Kota terbaik seluruh indonesia dalam Tingkat kepatuhan Layanan publik. PPIP dari 5 kali penilaian Pontianak, tiga kali juara I, Tata kelola ekonomi daerah dan labotorium inovasi Pontianak terbaik.

"Jadi, Singkawang kalau mau studi banding tak perlu ke Kota lain, cukup di Kota Pontianak, ngapain ngabis-ngabiskan duit studi banding keluar," ungkap mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Singkawang Ramadhan Fair membuat Kota Singkawang semakin indah dengan dihiasi lampu tanglong dan lampu ketupat, yang jumlahnya sesuai dengan tahun Hijriah.

Acara yang dikemas oleh Dinas Pariwisata Singkawang ini juga dihadiri Kapolda Kalbar, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, serta Forkopimda, sembari menikmati berbagai jenis makanan khas Kota Singkawang. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00