Panitia Waisak Bersama 2563 BE Sukses Melaksanakan Giat Ziarah Di Taman Makam Pahlawan

Budaya  SENIN, 29 APRIL 2019 , 23:14:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Panitia Waisak Bersama 2563 BE Sukses Melaksanakan Giat Ziarah Di Taman Makam Pahlawan

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Dalam rangka menyambut hari Raya Tri Suci Waisak 2563 BE/2019, umat Buddha Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Karya Bhakti dan Ziarah bersama di Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya Pontianak, Minggu (28/4).
Acara tersebut berjalan dengan lancar dengan diikuti sekitar 300 umat Buddha ini yang dihadiri dari berbagai perwakilan majelis organisasi keagamaan Buddha. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pembimas Buddha Kanwil Provinsi Kalbar, Penyelenggara Buddha Kota Pontianak, Penyelenggara Buddha Kabupaten Kuburaya, WALUBI Prov. Kalbar, PERMABUDHI Prov. Kalbar, Majelis Agama Buddha, dan Lembaga Keagamaan Buddha.

Kegiatan Karya Bakti dan Ziarah ini dilakukan dalam rangka mengawali serangkaian kegiatan Waisak 2019 yang telah disusun oleh Panitia Waisak Bersama 2563 BE. Kegiatan diawali dengan membersihkan makam bersama. Seluruh peserta yang hadir menyapu dan membersihkan sampah dan ranting di area pemakaman. Acara dilanjutkan dengan  upacara sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan.

Naryoto selaku Pembimas Buddha Kanwil Provinsi Kalbar yang dalam kesempatan tersebut menjadi inspektur upacara menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini sangatlah penting karena kita harus menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa.

Naryoto menyampaikan kegiatan ini sangat luar biasa yang artinya kita bisa bersama-sama menyukseskan acara ini dalam rangka memperingati hari raya Tri Suci Waisak 2563 BE. Kegiatan WB adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Maksudnya adalah kegiatan ini luar biasa karena didukung penuh oleh umat seluruh majelis dan sekte. Naryoto berpesan bahwa kita harus menjaga persatuan NKRI, salah satunya adalah momen kebersamaan umat Buddha dalam kegiatan ziarah harus dipertahankan.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk karena terdiri dari berbagai suku, khas, budaya, bahasa, dan agama. Dalam agama Buddha juga banyak majelis dan sekte atau aliran dharma oleh karena itu kita sebagai umat Buddha yang di Indonesia, mari kita bangun kerukunan intern bersama sehingga kita akan kuat dan dapat bersatu dalam memperkokoh keutuhan NKRI," ungkapnya.

Melalui Waisak dapat dibangun kebersamaan kerja sama semua sekte di Indonesia khususnya wilayah di Kalimantan Barat. Hal tersebut dapat menunjukkan umat Buddha dapat bersatu tanpa membedakan sekte. Mengakhiri rangkaian kegiatan dilakukan dengan meletakkan karangan bunga yang kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga oleh seluruh peserta yang hadir.

Di akhir kegiatan, Yandi yang selaku ketua panitia, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang datang dan membantu dalam pelaksanaan Karya Bakti tersebut. Dalam sesi wawancara ia juga menyampaikan mengenai rangkaian acara yang akan dilakukan dalam rangka menyongsong hari raya Tri Suci Waisak.  

Kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya adalah kontes Buddhis Idol, lomba Dhammadesana, lomba Tari Kreasi Nusantara, serta lomba mewarnai dan membuat Scrapbook di Maha Vihara Maitreya dan berharap tradisi Waisak yang melibatkan semua sekte akan terus berjalan ditahun-tahun mendatang karena kegiatan ini dirasa sangat penting.

"Kegiatan TMP pada hari Minggu ini biasa di luar dan luar biasa, karena tidak hujan berarti semua kegiatan mendapatkan cahaya yang bagus. Harapan saya di rangkaian acara berikutnya adalah semuanya harus lebih sukses dari ini lagi dan terus meningkat, pesertanya juga harus lebih banyak lagi, lebih antusias dan lebih bersemangat dalam melaksanakan kegiatan ini," tuturnya.

Selain itu, menurut salah satu peserta ziarah, Theo, mengatakan bahwa acara ini di luar ekspektasi karena seluruh umat dikumpulkan dari berbagai organisasi vihara berkumpul menjadi satu dengan tujuan yang sama. Harapannya adalah kegiatan ini tetap diadakan dan kalau bisa mengadakan kegiatan-kegiatan yang lebih. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00