Terkait Temuan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu: Lewat 7 Hari Tak Dilaporkan, Maka Sudah Kadaluarsa

Hukum  JUM'AT, 26 APRIL 2019 , 18:06:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Terkait Temuan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu: Lewat 7 Hari Tak Dilaporkan, Maka Sudah Kadaluarsa

Ruhermansyah/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kalbar, Ruhermansyah menyampaikan, terkait PSU dan PSL di 18 TPS kemarin berjalan dengan lancar dan masyarakat yang berada di sebagian TPS tersebut juga ceria dan antusias.
"Di beberapa daerah lainnya juga partisipasinya sangat baik dan berjalan lancar, serta tidak ada kurang dalam berjalannya pemilihan tersebut. Para pelaksana kegiatan pemilihan bekerja dengan baik, maupun itu saksi dan petugas KPPS semuanye bekerja sesuai dengan prosedur," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar saat ditemui usai menghadiri acara Silaturahmi Kebangsaan dengan tema 'Merajut Kebhinekaan di Bumi Khatulitiwa, bertempat di Balai Kemitraan Mapolda Kalbar, Jumat (26/4).

Ruhermansyah memaparkan, peran Bawaslu sebagaimana fungsinya yakni melakukan pengawasan seluruh tahapan, khususnya tahapan rekapitulasi, yang saat ini sedang berlangsung di tingkat kecamatan dan ada beberapa kecamatan di kabupaten/kota sudah selesai, rekapan suaranya juga sudah diantarkan ke kabupaten.

Apabila ada dari pihak atau ada sesuatu yang tidak sesuai, lanjutnya, maka dapat melalui saksinya dan apabila saksinya masih luput juga masih ada kami Bawaslu yang hadir ditempat untuk disampaikan fakta-faktanya, nanti Bawaslu yang akan melakukan saran perbaikan kepada jajaran-jajaran KPU, khususnya di tingkat kecamatan.

"Dan jika masih ada luput di tingkat kecamatan, maka masih ada kesempatan Bawaslu akan mengoreksi di tingkat kabupaten/kota, kami bisa merekomendasikan untuk rekapitulasi ulang atau koreksi terhadap hasil," tuturnya.

Ruhermansyah menghimbau, apabila ada terjadi pelanggaran terkait dengan manipulasi hasil, pengurangan angka-angka perolehan dan lainnya, sampaikan langsung ke Bawaslu dan tidak untuk menunda-nundanya.

"Untuk tenggang waktunya bisa 7 hari setelah ditemukan pelanggaran, jika sudah lewat sesuai dengan undang-undang, maka sudah kadaluwarsa," tegasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00