Dampak Kompleksitas Pemilu 2019, Herzaky: Evaluasi Khusus Perlu Dilakukan!

Politik  SENIN, 22 APRIL 2019 , 09:18:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Dampak Kompleksitas Pemilu 2019, Herzaky: Evaluasi Khusus Perlu Dilakukan!

Herzaky M. Putra/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Herzaky M. Putra, Deputi Kogasma Partai Demokrat, menyampaikan kalau Partai Demokrat menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU di tanggal 22 Mei 2019, sesuai dengan arahan dari Komandan Kogasma, Agus H. Yudhoyono. Ini terutama untuk hasil pilpres dan DPR RI, mengingat kompleksitas proses pemungutan suara dan penghitungannya.
Herzaky melanjutkan, untuk kursi DPRD tingkat kabupaten/kotamadya, berdasarkan data awal yang masuk, sepertinya Partai Demokrat mengalami peningkatan signifikan di beberapa kabupaten. Begitu juga dengan perolehan suara di tingkat DPRD provinsi. Kondisi ini tentunya harus kita syukuri dan apresiasi. Kader-kader di akar rumput Partai Demokrat tentunya sudah berjuang optimal untuk meningkatkan jumlah kursi DPRD di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Herzaky berharap, peningkatan suara di beberapa dapil kabupaten/kota dan dapil provinsi, bisa merata, serta peningkatan suara untuk DPRD Kab/Kota dan DPRD Provinsi ini bisa ditransformasi ke suara untuk DPR RI.

"Tentunya evaluasi secara khusus bakal dilakukan di beberapa kabupaten/kotamadya yang jumlah suaranya mengalami penurunan ataupun stagnan," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Minggu (21/4).

Begitu juga untuk kabupaten/kota, sambungnya, yang suara di tingkat kabupaten/kota dan provinsi mengalami lonjakan suara signifikan, tapi tidak tercermin di tingkat DPR RI.

Menurutnya, ada penambahan di kursi DPRD kabupaten/kota-nya, ada peningkatan signifikan suara di DPRD Provinsi, tapi hampir tidak ada peningkatan di suara DPR RI, evaluasi khusus pasti dilakukan.

"Bagaimanapun, marwah partai ini, bukan sekedar dari kursi di tingkat kabupaten/kota, maupun provinsi, melainkan juga dan terutama perolehan suara dan kurai di Pusat. Evaluasi khusus perlu dilakukan, apakah strateginya, apakah koordinasinya, apakah orang-orang yang terlibat di dalamnya, yang perlu diperbaiki atau diganti," tukasnya mengakhiri wawancara. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00