Usai Melantik, Sutarmidji Minta Bupati Dan Wakilnya Kawal 2 Proyek Besar Di Mempawah

Daerah  MINGGU, 14 APRIL 2019 , 16:04:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Usai Melantik, Sutarmidji Minta Bupati Dan Wakilnya Kawal 2 Proyek Besar Di Mempawah

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah/Humas

RMOLKalbar. Gubernur Kalbar H. Sutarmidji meminta kepada Bupati Mempawah yang baru saja dilantik ini untuk terus tetap mengawal pembangunan Pelabuhan Samudra Kijing, serta terus membangun Kabupaten Mempawah. Sebab, Mempawah menjadi perhatian besar pemerintah, terkait adanya dua kegiatan besar, yakni pembangunan Pelabuhan Samudra dan pembangunan Smelter Grade Alumunia Refinery atau Pabrik Hilirisasi Bauksit, Minggu pagi (14/4).
Hal tersebut dikatanya saat melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Periode 2019-2024, Hj. Erlina Ria Norsan dan Wakilnya Muhammad Pagi, yang dilantik di Pendopo Gubernur Kalbar.

"Saya berharap kedua proyek ini betul-betul bisa berjalan dengan baik, tanpa gangguan apapun. Kita jangan ulangi kesalahan kita pada era Gubernur Aspar Aswin yang ingin bangun Pelabuhan Samudera tapi tidak terbangun. Pelabuhan itu baru bisa terbangun pada masa sekarang ini," ujaranya.

Dikatakannya, pembangunan pelabuhan tersebut pada tahun ini sudah bisa beroperasi, dan pembangunan pelabuhan itu juga sangat penting bagi industri hilir. Maka dari itu, diperlukan pelabuhan ekspor disitu.

"Ada bagian dari daerah, yaitu bagian bagi hasil ekspor, selama ini kita tak pernah menikmatinya, pajak ekspor dari segi yang dihasilkan dari Kalbar. Saat ini, ekspor hanya melalui Belawan dan melalui Tanjung Perak," ungkapnya.

Sutarmidji meminta pasangan Bupati dan Wakil Bupati ini untuk dapat menyelaraskan program pembangunan Pemkab Mempawah dengan Program Pembangunan Pemprov Kalbar agar dapat dirumuskan secepatnya oleh Pemkab Mempawah dan Pemprov Kalbar tentang program percepatan pembangunan Kalbar.

Sutarmidji berharap agar Pemerintah Kabupaten Mempawah memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat, gunakan satu data yang akurat.

"Kalau datanya betul dan terukur, maka kita bisa membuat suatu program percepatan pembangunan. Lakukan untuk menghemat dalam penggunaan anggaran, terutama dalam perjalanan dinas. Perjalan Dinas Pemprov tahun 2019 dapat dipangkas hingga 50 persen, dan kita arahkan untuk beasiswa anak SMA dan SMK. Dan pada tahun depan akan kita anggarkan bantuan sekolah bagi anak kurang mampu," papar Mantan Wali Kota Pontianak 2 Periode ini.

Kegiatan pelantikan ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalbar H. Ria Norsan, Forkopimda Provinsi, Pj. Sekda Provinsi Kalbar, Kepala OPD dan pejabat jajaran Kabupaten Mempawah. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00