Tampil Tenang Dan Bersahabat, Herzaky: Debat Kali ini, Prabowo Kembali Unggul

Politik  MINGGU, 31 MARET 2019 , 09:19:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Tampil Tenang Dan Bersahabat, Herzaky: Debat Kali ini, Prabowo Kembali Unggul

Prabowo Subianto saat Debat Capres ke-4/Net

RMOLKalbar. Calon presiden (Capres) 01, Joko Widodo (Jokowi) telah 'bertarung' dengan Capres 02, Prabowo Subianto, dalam Debat Capres sesi ke-4 di Pilpres 2019, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).
Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 tadi malam mengusung tema 'Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional' yang dipandu oleh Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti, sebagai moderator.

Menanggapi hasil debat tersebut, Politisi kelahiran Pontianak, yang juga anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Herzaky M. Putra menyampaikan, kalau Jokowi sepertinya baru menyadari gaya komunikasi politiknya yang cenderung agresif dalam beberapa bulan terakhir, malah berakibat buruk terhadap elektabilitasnya.

"Dalam dua debat yang dijalani sebelum ini, Jokowi tampak sangat agresif, bahkan cenderung berlebihan, dalam menyerang Prabowo. Bahkan, Jokowi sampai masuk ke ranah pribadi Prabowo yang tidak sepatutnya dibawa ke forum resmi, seperti forum debat," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Minggu (31/3).

Lalu, lanjutnya, di luar forum debat, seringkali Jokowi mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang cenderung agresif dan kontroversial. Padahal, ini sungguh di luar pakem sosok Jokowi yang dulu menjadi kunci suksesnya di 2012 dan 2014 yang cenderung lembut, tenang dan tampak ikhlas, meskipun diserang sana-sini.

"Karena itu, kalau kita cermati, Jokowi cenderung hati-hati dalam debat kali ini. Tidak ada kata-kata agresif atau kata-kta bernada serangan secara frontal yang ditampilkannya. Bahkan, dalam pernyataan penutup, Jokowi berusaha menunjukkan sosok seorang yang bersahabat dan tidak ingin berkonflik, serta berniat menjalin silaturahmi, meskipun dengan lawan politiknya," ujar caleg DPR RI asal Kalbar ini.

Hanya saja, menurutnya, publik sudah cukup jengah dengan gaya komunikasi publik Jokowi akhir-akhir ini. Jejak rekam Jokowi yang sangat agresif, menyerang lawan politiknya secara terbuka, cenderung counter-aggresive, padahal seorang petahana yang seharusnya tampil lebih soft, dalam beberapa bulan terakhir sulit dihapus dari benak publik hanya karena satu pernyataan penutup. Malah menunjukkan kontradiksi dengan apa yang Jokowi lakukan akhir-akhir ini.

Sebaliknya, sambung Herzaky yang juga salah satu Deputi-nya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Komandan Kogasma Partai Demokrat, Prabowo kembali menunjukkan sikap jauh lebih bersahabat dan tenang serta lebih cair. Berbeda dengan stigma sebagai sosok pemarah yang berulang kali berusaha dimunculkan oleh lawan politiknya, Prabowo di debat kali ini lagi-lagi berhasil mematahkan stigma negatif yang dirancang lawan politiknya dan dengan kepolosannya malah mampu membuat suasana tegang menjadi cair di forum sekaku debat capres ini.

"Jelas kalau Prabowo kembali unggul di debat kali ini," tutup Herzaky mengakhiri wawancara. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00