Angkut Ribuan Surat Suara Pakai Truk Terbuka, KPU Akui Kelalaiannya

Hukum  MINGGU, 24 MARET 2019 , 09:40:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Angkut Ribuan Surat Suara Pakai Truk Terbuka, KPU Akui Kelalaiannya

Truk Terbuka Angkut Surat Suara/Net

RMOLKalbar. Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi mengakui pihaknya telah melakukan kelalaian dalam memindahkan surat suara beberapa waktu lalu.
Sebelumnya beredar di media sosial video bak terbuka yang mengangkut ribuan surat suara (Susu) DPRD Provinsi Jawa Barat tanpa penutup dan pengawalan, diketahui hal itu terjadi di Bekasi.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni, saat dihubungi dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi, TV One, Minggu (24/3).

"Memang ada kelalaian dari petugas, karena sudah dipesankan agar truk itu ditutupi dengan terpal, kapasitas surat suara yang diangkut truk itu jangan melebihi badan truk, harus ditutup dengan terpal itu tidak dilakukan," kata Nurul.

Nurul menuturkan, video yang beredar adalah saat pihaknya memindahkan sebanyak 1 juta lebih susu dari GOR Voli, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, menuju gudang logistik di Jalan Karang Satria, Duren Jaya, Bekasi Timur.

"Kemudian pada tanggal 19 Maret karena kami harus mengosongkan bagian ruang GOR untuk menerima surat suara DPR RI yang akan datang pada hari itu, kami berinisiatif untuk menambah armada dan kemudian dengan segala keterbatasan itulah truk yang bisa kami sewa," ujarnya.

Nurul berkilah kalau truk yang digunakan saat itu tidak layak dan merusak surat suara. Menurutnya, kondisi truk yang dia sewa baik, dan tidak ada tonjolan pakau seperti yang diisukan. Apalagi, lanjut Nurul, lantai bak truk tersebut dikasih alas karpet sebelum memuat surat suara.

"Alasnya pakai karpet kemudian baru dimuat surat suara itu ke dalam truk," tukasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00