Solusi Sandi Langsung Ke Jantung Masalah

Politik  SENIN, 18 MARET 2019 , 19:02:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Solusi Sandi Langsung Ke Jantung Masalah

Sandiaga Salahudin Uno/Net

RMOLKalbar. Closing statement yang disampaikan calon wakil presiden Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 dapat pujian Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
Sandi mematahkan kehebatan 3 'kartu sakti' yang ditawarkan kubu 01, hanya dengan satu kartu, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Sandi menegaskan bahwa KTP-el merupakan kartu super canggih yang sudah memiliki chip dan teknologinya kompatible dengan revolusi industri 4.0.

Pasangan Prabowo Subianto ini menegaskan, KTP-el bisa melayani semua kebutuhan masyarakat Indonesia tanpa harus ada penambahan kartu-kartu lain.

"Sebab e-KTP itu adalah tepat dan lebih rasional dibanding hanya bagi-bagi kartu sebagaimana yang dilakukan petahana selama ini," ujar Fahri seperti dilansir kantor Berita Politik RMOL, Senin (18/3).

Kegagalan petahana, menurut Fahri, adalah gagal selesaikan konsep SIN (Single Identity Number) yang telah dimulai sejak UU 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan, yang kemudian diperbaharui tahun 2013.

"Cetak kartu hanya menambah anggaran yang tak perlu. Kartu Pra Kerja kan konsep dan implementasinya sudah ada semenjak zaman Pak SBY. Jadi, menurut saya solusi Sandi Uno itu, langsung masuk jantung persoalan," katanya.

Seharusnya, sambungnya, seluruh hak dan keperluan rakyat tercakup dalam sebuah kartu yang telah dirancang secara elektronik, berlaku secara nasional dan menjadi jaminan bagi semua hak rakyat sejak hak pilih, kesehatan, subsidi, tenaga kerja dan lain-lain.

"Ini cukup! Semoga saat menang nanti, Prabowo dan Sandi Uno prioritaskan penyelesaian Kartu Pamungkas e-KTP sebagai dasar semua pelayanan kepada masyarakat Indonesia di seluruh dunia," ucapnya yang juga sebagai inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi). [ben]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00