Pagu Indikatif Kecamatan Akomodir Program Prioritas Di Desa-Desa

Daerah  KAMIS, 14 MARET 2019 , 18:08:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pagu Indikatif Kecamatan Akomodir Program Prioritas Di Desa-Desa

Foto/Humas Pemkab

RMOLKalbar. Mengobarkan semangat cinta membangun desa, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menggulirkan kebijakan terobosan berupa pagu indikatif kecamatan. Pagu indikatif tersebut di luar pagu indikatif kecamatan sebagai perangkat daerah.
"Besaran alokasi pagu indikatif dimaksud berdasarkan pertimbangan luas wilayah, jumlah penduduk dan progresivitas pembangunan-pembangunan pada masing-masing desa," ujar Muda di kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Sungai Kakap di Aula Kantor Camat Sungai Kakap, Kamis (14/3).

Muda meminta kecamatan untuk cermat dalam melakukan verifikasi terhadap program dan kegiatan yang diusulkan oleh desa-desa, berdasarkan prioritas dan pagu indikatif tersebut.

"Pagu indikatif Kecamatan Sungai Kakap guna mengakomodasi usulan program dan kegiatan prioritasnya desa-desa pada Musrenbang RKPD Kabupaten Kubu Raya tahun 2020 adalah 6,5 miliar rupiah," ungkapnya.

Musrenbang, sambungnya, adalah agenda untuk mengakomodasi apa-apa yang sudah disepakati sebagai prioritas di dalam musrenbang desa, untuk diangkat menjadi kesepakatan di dalam musrenbang kecamatan dan seterusnya sampai tingkat kabupaten. Ujungnya adalah Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD.

"Selama lima tahun ke depan kita sudah punya pandangan dan harapan akan titik yang akan dikejar," sebutnya.

Menurutnya, sektor-sektor yang akan disasar mulai dari pelayanan dasar, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga sumber-sumber ekonomi masyarakat, seperti pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan usaha ekonomi kreatif. Mencakup pula sektor pariwisata dan sosial budaya di masyarakat.

"Dari lima tahun itu, per tahunnya kita tentu mengukur melalui RKPD dan disitulah yang akan menjadi penuangan daripada kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan dari musrenbang desa 'bottom up' ke kecamatan dan seterusnya, sampai kabupaten dan selanjutnya," tuturnya.

Musrenbang, lanjutnya, adalah upaya menata Kubu Raya agar pemerintahan yang ada berjalan efektif, efisien, akuntabel dan transparan. Hal itu dimulai dari sistem perencanaan yang menjamin apa-apa yang menjadi harapan masyarakat di seluruh sektor dapat terwujud.

"Bisa ditentukan prioritasnya dengan baik, konsisten dan maksimal, serta sinergis dengan provinsi dan pusat," ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Usman mengatakan, usulan-usulan pembangunan merupakan usulan skala prioritas, sehingga semua usulan dari masyarakat dapat diakomodasi di dalam APBD.

"Kemarin, kami sudah menerima surat dari bupati yang agar sesegera mungkin memasukan pokok-pokok pikiran kita dari hasil reses, hasil silaturahmi, maupun hasil aspirasi masyarakat di lapangan," singkatnya.

Camat Sungai Kakap Tugiono mengatakan, untuk mewujudkan keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, penganggaran, serta implementasinya di lapangan, harus mengacu kepada tema dan prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan pada rancangan tahun 2019 untuk anggaran tahun 2020.

Tema tersebut adalah 'Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Potensi Daerah untuk Mewujudkan Pembangunan Daerah yang Berkelanjutan'.

"Untuk mewujudkan hal itu, maka ada beberapa prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019, yakni penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan dan perluasan akses layanan kesehatan, penguatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan peningkatan kecakapan hidup, peningkatan tata kelola birokrasi, penegakan hukum dan pelayanan publik, serta pengelolaan lingkungan hidup," tukasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
KPU Tetapkan Jokowi-Maruf Pemenang Pilpres 2019
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00