Lantik LPTQ Kubu Raya, Muda: Perlu Penyegaran Dan Sinergi Mencetak Prestasi Yang Unggul

Daerah  KAMIS, 14 MARET 2019 , 17:33:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Lantik LPTQ Kubu Raya, Muda: Perlu Penyegaran Dan Sinergi Mencetak Prestasi Yang Unggul

Foto/Humas Pemkab

RMOLKalbar. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan melantik dan mengukuhkan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya masa bakti 2019-2024 di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (13/3).
Muda menyebut perubahan komposisi kepengurusan dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi dengan mengacu pada tuntutan dan beban kerja.

Menurutnya, kelembagaan LPTQ punya tanggungjawab yang besar bagi umat dan generasi umat.

"Karena itu, meskipun dilaksanakan dengan sederhana, pelantikan dan pengukuhan ini untuk mengingatkan agar mampu menanamkan dalam pikiran terdalam kita bahwa seluruh pengurus benar-benar menerima tanggungjawab ini untuk menjadi syiar bagi umat dan kebaikan bersama," ujar Muda Mahendrawan dalam sambutannya.

Muda menyebut Kubu Raya sebagai kabupaten yang mempunyai potensi melimpah, khususnya terkait keberadaan qari-qariah dan hafiz-hafizah yang tersebar di sembilan kecamatan. Karena itu, ia menyebut perlunya langkah-langkah yang tepat, cepat dan efektif agar peluang-peluang pembinaan yang lebih baik ke depannya tidak hilang.

"Untuk itu juga perlu strategi-strategi yang akan didapat melalui konsolidasi internal, menyatukan langkah melalui penyerapan aspirasi untuk menyiapkan program kerja lima tahun ke depan yang berkaitan dengan pembinaan, pengkaderan dan kajian terhadap lokus-lokus pembinaan berdasarkan pemetaan potensi yang dimiliki setiap kecamatan," imbuhnya.

Muda menekankan pentingnya pengurus LPTQ untuk menggali potensi-potensi yang ada. Sebagai daerah dengan jumlah madrasah, pondok pesantren, majelis taklim, hingga TPA terbanyak di Kalimantan Barat, ia menyebut sudah seharusnya LPTQ Kubu Raya mempunyai strategi pembinaan yang efektif.

"Banyak tantangan ke depan. Makanya kita segera penyegaran dan sinergikan betul-betul serta dirancang untuk bagaimana treatment dari pemerintah kabupaten agar bisa lebih efektif lagi dalam membuat prestasi anak-anak kita lebih unggul karena kita memang punya aset banyak sekali," tuturnya.

Secara khusus, Muda berpesan kepada Pengurus LPTQ Kubu Raya agar mempersiapkan diri menghadapi agenda besar Musabawah Tilawatil Quran tingkat Kalimantan Barat yang akan digelar di Kabupaten Sekadau pada tahun 2020 mendatang. Persiapan tersebut akan diawali dari pergelaran MTQ ke-6 di Kecamatan Teluk Pakedai pada Juni-Juli 2019 mendatang.

"Lakukan persiapan, termasuk rencana tata kelola penyelenggaraan MTQ agar dilakukan efisien dan efektif namun kaya terobosan dan inovasi prestasi," pesannya.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam, mengatakan akan segera melakukan konsolidasi internal guna menyiapkan program lima tahun ke depan terkait pembinaan dan pengkaderan.

"Agenda terdekat salah satunya adalah penyelenggaraan MTQ kecamatan yang akan dimulai di Kecamatan Teluk Pakedai pada Juni-Juli 2019 mendatang," tukasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
KPU Tetapkan Jokowi-Maruf Pemenang Pilpres 2019
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00