Sutarmidji: Pelabuhan Kijing Berdampak Besar Bagi Perekonomian dan Pembangunan Kalbar

Ekbis  RABU, 06 MARET 2019 , 16:41:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Sutarmidji: Pelabuhan Kijing Berdampak Besar Bagi Perekonomian dan Pembangunan Kalbar

Sutarmidji/Humas

RMOLKalbar. Gubernur Kalbar H. Sutarmidji memastikan pembangunan pelabuhan internasional di Mempawah dapat memberikan dampak besar bagi perekonomian dan pembangunan di Kalbar. Hal tersebut dikatakannya saat mengadakan peninjauan Proyek Pelabuhan Samudra Kijing didampingi Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Selasa (5/3).
"Pelabuhan Kijing di Mempawah ini memang menjadi dambaan bagi kita semua, setelah sekian lama kita mengajukan rencana pembangunannya, akhirnya hal ini bisa terealisasi," tegasnya.

Sutarmidji memastikan, dengan adanya pembangunan Pelabuhan Kijing tersebut, dapat lebih memudahkan masuk dan keluarnya barang di Kalimantan Barat.

"Dengan adanya pembangunan pelabuhan Kijing ini, maka kedepan kapal-kapal besar bisa masuk ke sini dan ini tentu akan mempengaruhi harga komoditi yang ada, yang tentunya bisa lebih murah. Selama ini kapal yang berlabuh di Pelabuhan Dwikora Pontianak hanya kapal kecil, hanya sekitar 2000A½2500 DWT, sehingga kost yang dikeluarkan jadi lebih besar," tuturnya.

Menurutnya, dengan dibangunnya pelabuhan besar di Pantai Kijing, Kabupaten Mempawah, maka hal itu akan memberikan nilai tambah bagi Kalbar. Baik itu bagi masyarakat secara umum maupun bagi Pemerintah Provinsi Kalbar. Selain itu, pembangunan ini juga akan memberikan tambahan pendapatan bagi Pemprov Kalbar dan juga Pemkab Mempawah.

"Hal ini penting karena selama ini hasil sumber daya alam, khususnya Crude Palm Oil (CPO) dari Kalbar diekspor melalui provinsi lain karena Kalbar tidak memiliki pelabuhan besar yang dapat dilabuhi kapal besar," tukasnya. [ben]


Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
KPU Tetapkan Jokowi-Maruf Pemenang Pilpres 2019
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00