Peran Polri Di Balik Kesuksesan Timnas U-22

Sport  JUM'AT, 01 MARET 2019 , 09:25:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANPUTRA

Peran Polri Di Balik Kesuksesan Timnas U-22

AKBP Sumardji dan Indra Sjafri/Net

RMOLKalbar. Tak banyak yang tahu, dibalik sukses Tim Nasional  U22 menjuarai Piala AFF 2019 beberapa waktu lalu, terdapat peran anggota Polri yang cukup signifikan.
"Ada dua pemain inti timnas U22 yang anggota Brimob," terang pengamat sepakbola Dhimam Abror Djuraid kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (28/2).

Pencetak gol pertama Indonesia ke gawang Thailand, Sani Rizki adalah anggota Brimob. Selain itu, penjaga gawang Awan Seto juga anggota Brimob.

"Tanpa mengecilkan peran tim secara keseluruhan, Sani dan Awan adalah dua pemain penting di Timnas U22," ujar mantan Ketua Pengda PSSI Jatim 2005.

Dikatakan Abror, pasca kecolongan gol pada awal babak kedua, sempat muncul kekhawatiran mental Garuda Muda akan goyah. Tetapi ternyata hanya dalam waktu dua menit punggawa Garuda Muda bisa menyamakan kedudukan.

"Dan itu berkat kejelian Sani dan keberaniannya membawa bola dan melakukan tendangan dari luar kotak penalti yang kemudian deflected dan menjadi gol," ujar pesepakbola yang membawa Persebaya juara Piala Suratin 2000.

Peran Awan Seto juga krusial di bawah mistar gawang. Keterampilan dan ketenangannya membuat kawan-kawannya lebih percaya diri.

Mantan Direktur Olahraga Persebaya itu menambahkan, selain di lapangan, di balik layar juga ada peran penting anggota Polri AKBP Sumardji. Dia adalah Kepala Delegasi Timnas U-22.

"Orang seperti Pak Sumardji ini punya peran penting menjaga kondisi tim supaya tetap kondusif," lanjut Abror.

Peran Polri dalam perkembangan sepakbola Indonesia semakin signifikan sejak Bhayangkara FC yang dibina Polri ikut dalam kompetisi kasta atas PSSI.

"Pemain-pemain hebat seperti Hansamu Yama, Evan Dimas dan beberapa lainnya pernah bernaung di bawah bendera Bhayangkara," kata Dhimam.

Keberhasilan Sumardji membawa timnas U22 juara piala AFF adalah catatan penting dalam sejarah sepakbola Indonesia.

"Apalagi yang dikalahkan adalah Thailand, ini sungguh prestasi yang membanggakan," pungkas Abror. [rah/***]

Komentar Pembaca
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Kerusuhan Tanah Abang, Korban Jiwa Berjatuhan
KPU Tetapkan Jokowi-Maruf Pemenang Pilpres 2019
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00