Kebebasan Pers Sebagai Elemen Penting Demokrasi, Demokrat: Jangan Intervensi Pers!

Politik  MINGGU, 10 FEBRUARI 2019 , 10:23:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Kebebasan Pers Sebagai Elemen Penting Demokrasi, Demokrat: Jangan Intervensi Pers!

Herzaky M. Putra/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Deputi Kogasma Partai Demokrat, Herzaky M. Putra meminta semua pihak untuk menghormati kebebasan pers. Jangan ada lagi tangan-tangan kekuasaan yang mengintervensi pers, Minggu (10/2).
"Mengatur apa yang boleh dan tidak boleh diberitakan. Mengatur siapa yang boleh dikutip pendapatnya atau tidak boleh dikutip. Mengatur siapa yang boleh menjadi pembicara dalam acara talkshow di televisi atau radio dan siapa yang tidak boleh. Ataupun sekedar meminta pers untuk merevisi judul berita sesuai dengan kepentingan penguasa," ujar politisi asal Pontianak ini kepada Kantor Berita RMOLKalbar.

Menurutnya, kebebasan pers merupakan elemen penting dalam demokrasi. Pers berfungsi sebagai alat kontrol bagi kebijakan-kebijakan penguasa.

"Jika ada kebijakan penguasa yang dirasa kurang tepat dan atau kurang bermanfaat bagi masyarakat, pers seharusnya menjadi pihak terdepan yang mengingatkan," tegasnya.

Herzaky menambahkan bahwa pers bukan humas pemerintah. Memberitakan apa yang hanya diinginkan pemerintah. Apalagi sampai menutup-nutupi suatu kejadian dengan tidak memberitakannya.

"Ini sama saja dengan menutupi kebenaran," lanjutnya.

Harapan Herzaky, dalam konteks peringatan Hari Pers Nasional (HPN), penguasa bisa menahan diri untuk tidak mengintervensi pers. Apalagi di tahun politik seperti sekarang.

"Masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan informasi yang cukup dan seluas-luasnya sebelum memutuskan pilihan politik," tukasnya. [rah]


Komentar Pembaca
#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 21:41:00

Nada Dari Nadi Dhani

Nada Dari Nadi Dhani

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 10:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00