Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan

Ragam  SENIN, 14 JANUARI 2019 , 10:59:00 WIB | LAPORAN: SITI ASSMA

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan

Budidaya Jamur Tiram/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasjdiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.
Jamur tiram yang telah diolah menjadi makanan memiliki rasa yang mampu menggoyang lidah, serta manfaatnya bagi kesehatan yang tidak tanggung-tanggung, maka pembudidayaan tanaman berkingdom fungi inipun semakin marak dilakukan. Biasanya pembudidayaan dilakukan dengan menggunakan media tanam serbuk gergaji kayu.

Pembudidayan jamur tiram, Haldy Noviprasetyo, menjelaskan bahwa telah merintis usahanya dari dua tahun yang lalu hingga sekarang dan banyak pelanggan yang selalu memesan jamur tiram hasil budidayanya, Minggu (13/1).

Haldy merupakan alumni dari fakultas argoteknologi di Universitas Mercu Buana, setelah kelulusannya langsung merintis usaha budidaya tersebut karena merupakan implementasi dari hasil studinya.

"Kini harga jamur tiram dihargai 40 ribu rupiah per kilogram, dan ada juga yang memesan jamur tiram dalam kemasan 40 ribu dan 10 ribu," ungkapnya.

Haldy juga menambahkan bahwa usaha buddidaya ini merupakan usaha budidaya jamur tiram pertama yang dikembangkan di daerah Rasau Jaya, khususnya di desa Patok 3.

"Pemasaran jamur tiram dilakukan melalui media sosial. Untuk saat ini, produksi jamur tiram telah menghasilkan 50 kilogram jamur tiram per sekali panen," tukasnya. [rah]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00