Rangsang Petani Durian, Gubernur Berikan Hadiah Yang Lebih Besar

Daerah  MINGGU, 13 JANUARI 2019 , 11:59:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Rangsang Petani Durian, Gubernur Berikan Hadiah Yang Lebih Besar

Foto/Humas

RMOLKalbar. Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji mengharapkan di setiap perlombaan festival buah durian unggulan hadiahnya harus berkisar 30 hingga 50 juta bagi pemenang.
"Jangan hadiah lombanya hanya lima ratus ribu, kalau hadiahnya besar pasti akan memberikan semangat para petani untuk memelihara dan mengembangkan durian unggulannya, tidak lagi ditebang dan dijual pohonnya, seperti yang terjadi pohon durian Balai Karangan Kabupaten Sanggau," tegasnya saat membuka Festival Durian Boerneo 2019 di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sei Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (12/1).

Durian yang terkenal adalah durian Balai karangan, tetapi saat ini pohonnya tidak dipelihara dan dipertahankan, yang sangat miris pohon durian tersebut dibeli warga negara tetangga alasan untuk dipergunakan kayunya, namun di manfaatkan pucuk pucuk durian unggulan tersebut dan disambung untuk menjadi bibit.

"Mereka mengklaim buah yang enak miliknya, dan mereka sukses membudidayakan pohon tersebut, makanya kedepan untuk menjaga agar masyarakat tetap menjaga dan merawat pohon durian unggulannya, kita akan terus adakan lomba dengan memberikan hadiah yang sangat besar bagi para pemenang," tegas Midji.

Di zaman sekarang ini teknologi pertanian sudah bisa mengurangi bau durian. Dengan bantuan teknologi pertanian itu pula rasa durian dapat diatur sesuai selera penikmatnya.

"Durian itu sekarang rasanya bisa diatur. Mau yang manis, setengah manis dan yang tidak ada rasa apapun serta baunya juga bisa diatur dengan rekayasa teknologi pertanian. Saya meminta seluruh masyarakat Kalbar untuk menjaga kekayaan buah lokal, demi mencegah hilangnya bibit unggul asal Kalbar," pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00