Buah Dan Sayur, Bisa Bermanfaat Atau Merugikan Kesehatan?

kesehatan  MINGGU, 13 JANUARI 2019 , 10:03:00 WIB

Buah Dan Sayur, Bisa Bermanfaat Atau Merugikan Kesehatan?

Ilustrasi/Net

RMOLKalbar. Buah dan sayuran sesungguhnya merupakan makanan yang banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatannya, berbagai jenis buah dan sayuran ada di sekitar kita dan biasa  kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita sehari hari.
Di antara buah dan sayuran yang kita makan, ternyata disamping bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga sekaligus berbahaya, terutama jika kita salah dalam mengolahnya atau mengkonsumsi bagian dari buah dan sayuran tersebut  .

Buah dan Sayur Beracun

Mengandung Pestisida

Buah dan sayur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari, tetapi ternyata dalam proses pengolahannya, baik ketika masih di kebun maupun dalam pengemasannya, sudah tercemar dengan pupuk buatan agar tanaman tetap subur dan pestisida, agar buah dan sayuran terhindar dari hama penyakit serta supaya buah dan sayur tetap kelihatan segar. Apalagi pemberiannya melebihi dosis yang telah ditetapkan.

Ada 4 jenis pestisida yang populer, yaitu captan, iprodione, malathion dan karbaril. Captan dan Iprodione sangat berbahaya, karena merupakan karsinogenik pencetus timbulnya penyakit kanker dalam tubuh manusia, selain itu jika terakumulasi di dalam tubuh, terutama hati, darah, usus dan lainnya, dalam jumlah melebihi kemampuan tubuh, dapat menimbulkan penyakit.

Mengandung Bakteri Patogen

Bakteri pathogen (ganas) akan berkembang biak dengan baik, jika dalam pengolahan buah dan sayur tidak hiegenis, di jual di tempat terbuka, banyak debu, lalat, sering di pegang-pegang dan lain-lain, atau menyiram sayur agar tetap segar dengan air parit atau sungai sehingga tanpa disadari terkontaminasi dengan bakteri tersebut, sehingga bakteri dapat berkembangbiak serta dapat menyebabkan penyakit bila dikonsumsi jika tidak dimasak secara benar.

Mengandung Jamur

Buah dan sayur rentan terhadap perubahan cuaca dan tempat. Bila dalam pengelolaannya, mulai dari kebun sampai ke tempat penjualannya tidak menggunakan tempat khusus, apalagi bila tempat pemasarannya cukup jauh, memakan waktu lama. Mudah terkontaminasi dengan berbagai jamur yang ada, buah dan sayur mudah membusuk, jamur ini menghasilkan mikotoksin yang dapat mengganggu kesehatan manusia, seperti gangguan pencernaan, gangguan syaraf, gangguan hati dan jantung.

Reaksi Alergi

Reaksi alergi atau reaksi antibody terhadap sesuatu benda yang masuk dalam tubuh, baik melalui kulit, mulut, hidung, pernapasan dan tubuh tidak dapat mentoleransi benda yang masuk tersebut, sehingga timbul gejala alergi ringan, seperti gatal-gatal di mulut, kulit, sampai gejala alergi berat, seperti muntah, diare dan tidak sadarkan diri. Hal ini dapat terjadi karena perubahan sistem daya tahan tubuh atau karena buah dan sayur itu sendiri.

Beberapa Buah Berdasarkan Manfaat dan Bahayanya


Buah Apel

Manfaatnya:
Banyak mengandung vitamin C, anti oksidan dan serat-serat yang diperlukan bagi lambung dan usus untuk pencernaan.

Bahayanya:
a. Berdasarkan hasil riset penelitian FDA di Amerika Serikat, bahwa buah apel yang di jual di pasaran 97,8 persen mengandung pestisida dan 92 persen dari apel juga mengandung sebanyak 2 atau lebih residu pestisida.
b. Buah apel yang dimakan secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi, karena 1 buah apel mengandung gula sebanding 4 sendok teh gula pasir dan zat asam yang tinggi.
c. Biji buah apel sangat berbahaya jika dimakan, karena mengandung cyanogenic glycoside atau sianida, racun yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Buah Durian

Manfaatnya:
Banyak mengandung vitamin C,  B Komplek, anti oksidan, mineral dan asam amino triptofan serta kalori daging buahnya cukup tinggi 120-180 kalori tiap 100 gram.

Bahayanya:
a. Makan buah durian melebihi 2 porsi akan meningkatkan kadar gula dalam darah, apa lagi pada penderita diabetes, sehingga dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.
b. Pada penderita hipertensi dan jantung, memakan buah durian harus berhati-hati, karena dapat memperberat penyakit ini.
c. Sangat berbahaya jika makan durian disertai meminum minuman yang mengandung alcohol, soda dan obat-obatan, karena akan menyebabkan keracunan.

Buah Anggur

Manfaatnya:
Buah ini banyak mengandung polifenol dan resveratol, yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme dalam tubuh, mempunyai nutrisi yang cukup dan antioksidan.

Bahayanya:
a. Kulitnya yang tipis sangat rentan terkontaminasi dengan pestisida dan terpapar dengan polusi udara dari kendaraan bermotor, asap pabrik dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian Dr. Andrew Petroczi dalam Chemistry Central Journal (Inggris), bahwa dalam buah anggur dari 16 negara, ditemukan 7 jenis logam yang berbahaya di atas ambang batas, yaitu chromium, nickel, vanadium, mangan, timbale, zink dan tembaga, yang dapat mengganggu kesehatan manusia.
b. Buah anggur sebaiknya di konsumsi selagi masih segar atau kering, jika terlalu lama disimpan akan terjadi pigmentasi, sehingga kadar alkohol akan yang meningkat.

Buah Rambutan

Manfaatnya:
Buah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Bahayanya:
a. Tidak dianjurkan pada penderita diabetes dan tinggi kolesterol untuk mengonsumsi buah ini terlalu banyak.
b. Kandungan gula di dalam rambutan ini bersifat alkoholik, yang berarti bila buah ini terlalu masak, maka kandungan gula di dalam daging buah akan berubah menjadi alkohol, yang dapat merugikan kesehatan.

Buah Nanas

Manfaatnya:
Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, natrium, kalium, sukrosa, dektosa dan enzim  bromelain, baik untuk kesehatan dan memiliki serat yang cukup tinggi untuk melancar buang air besar.

Bahayanya:
a. Wanita yang sedang hamil muda, sebaiknya menghindari untuk memakan buah nanas muda, karena memiliki sifat antelmintik dan obortivum yang dapat memicu kontraksi kandung rahim, sehingga berpotensi menggugurkan kandungan.
b. Penderita asam urat dan rematik, karena di dalam usus akan berfermentasi menjadi alkohol dan akan memperberat penyakit yang ada.
c. Bagi penderita diabetes sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan, karena zat gula yang dikandungnya cukup tinggi.

Buah Nangka    

Manfaatnya:
Banyak kandungan mineral, vitamin A, kaya akan serat, anti oksidan untuk mencegah penuaan dini dan menurunkan tekanan darah, kolesterol, melancarkan buang air besar dan lainnya.

Bahayanya:
Bagi penderita maag kronis, tidak dianjurkan untuk memakan buah ini karena dapat menimbulkan senyawa yang menghasilkan gas, sehingga dapat merangsang zat asam lambung, kemudian akan berdampak pada perut menjadi kembung dan mual, serta terasa tidak nyaman di perut. [rah/***]


Penulis adalah Dr. Drs. H. Mardjan, M.Kes
Pengamat Kesehatan Masyarakat dan Dosen FIKES UM Pontianak



Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00