MIN 2 Rasau Jaya Menerapkan Kebijakan Bebas Plastik Kepada Siswanya

Pendidikan  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 08:49:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

MIN 2 Rasau Jaya Menerapkan Kebijakan Bebas Plastik Kepada Siswanya

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Hampir setiap orang tidak akan terlepas dari yang namanya bahan plastik dalam aktivitas sehari-hari. Plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern saat ini dan peranannya telah menggantikan kayu dan logam mengingat kelebihan yang dimilikinya antara lain ringan dan kuat, tahan terhadap korosi, transparan dan mudah diwarnai, serta sifat insulasinya yang cukup baik.
Sifat-sifat bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi, khususnya dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif.

Peningkatan penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Perlu adanya kebijakan pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu sekolah yang mengadakan kebijakan bebas dari sampah plastik, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MIN) 2 Rasau Jaya, di Kecamatan Rasau Jaya. Kebijakan ini telah dicanangkan dari bulan November tahun 2018 hingga sekarang.

Kepala MIN 2 Rasau Jaya, Sapriyanto, S.Pd.I mengungkapkan bahwa sekolahnya mengimplementasikan kebijakan pengurangan sampah plastik karena membantu pemerintah untuk menekan penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari hari, ujarnya kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Jumat (11/1).

Peran guru serta wali murid sangat membantu menerapkan kebijakan pengurangan penggunaan sampah plastik di lingkungan sekolah.

Sapriyanto menjelaskan bahwa kebijakan yang diterapkan oleh sekolah diantaranya pada kantin sekolah tidak diperkenankan untuk menjual jajanan yang terbungkus dengan plastik, serta kepada siswa diwajibkan untuk membawa tempat makan dan minum sendiri dari rumah.

"Respon terhadap kebijakan ini sangat baik dan didukung oleh warga lingkungan MIN 2 Rasau Jaya," tukasnya. [rah]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00