Satu Desa Mandiri, Wajib Sediakan Taman Bacaan

Daerah  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 18:13:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Satu Desa Mandiri, Wajib Sediakan Taman Bacaan

H. Sutarmidji/Humas

RMOLKalbar. Gubernur Kalbar H. Sutarmidji merencanakan taman bacaan akan menjadi salah satu program dalam pembangunan desa mandiri. Sebab taman bacaan menjadi indikator terwujudnya di dalam desa mandiri.
"Jadi budaya baca membangun taman bacaan ini akan menjadi salah satu prioritas kita dan ini akan masuk dalam program pembangunan desa. Karena didesa mandiri harus ada. Tahun ini target kita sekitar 100 desa dari 2036 desa," ungkapnya, Jumat (11/1).

Pembentukan desa mandiri merupakan program dirinya bersama Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan pada saat kampanye beberapa waktu yang lalu yang bakal diprioritaskan. Nantinya para komunitas buku akan turut berperan dalam membangun desa mandiri selain Polri dan TNI yang terlebih dahulu membangun program tersebut.

"kedepannya kita akan ajak komunitas untuk meningkatkan minat baca akan kita sinergikan. Makanya waktu jadi Wali kota Pontianak itu saya bangun rumah baca di taman-taman kota dan kita wujudkan di desa-desa juga," ujarrnya.

Dirinya pun menilai suatu sekolah yang cukup baik di nilai dari dua aspek yaitu toilet dan perpustakaan sekolah tersebut.

"Makanya kalau saya kunjungan ke sekolah, yang saya nilai kepala sekolah nya. Kedua wc dan perpustakaan, kalau dua ini tidak bagus maka tidak baiklah dia (Sekolah_red)," tamabahnya.

Meskipun demikian, untuk pengawasan intensif kepada dinas terkait tentang pengadaan buku untuk taman bacaan, supaya setiap masyarakat membaca buku mendapatkan buku yang baik bukan sekedar pengadaan buku semata tanpa melihat isi buku tersebut wajib di laksanakan.

"Setiap pembelian buku itu harus jelas dan baik, bukan buku yang tidak jelas bukunya apa, kajiannya apa. Itu sama saja pengadaan buku bohong," tegasnya.  
Seluruh organisasi atau penggiat rumah baca yang berada di Kalbar harus memberikan masukan kepada Pemprov agar mewujudkan desa mandiri di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar.

"Minimal setiap desa harus ada rumah baca, itu wajib. Biar masyarakat di desa tersebut bisa cerdas demi membangun provinsi Kalbar lebih maju," tukasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00