Usaha Keripik Tempe Rimba Raya Berdayakan Lingkungan Sekitar

Ragam  JUM'AT, 11 JANUARI 2019 , 16:23:00 WIB | LAPORAN: SITI ASSMA

Usaha Keripik Tempe Rimba Raya Berdayakan Lingkungan Sekitar

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Usaha rumahan yang dirintis oleh Yeni Urimbawati sejak bulan Juli tahun 2018 ini membuahkan hasil dengan usaha Keripik Tempe Rimba Raya . Awal mula usaha rumahan keripik tempe ini karena adanya permintaan dari masyarakat, khususnya daerah Rasau Jaya dan sekitarnya, yang ingin menghidangkan makanan ini di saat hari raya lebaran, Jumat (11/1).
Hingga saat ini keripik tempenya telah menghasilkan 50 kilogram bahan mentah setiap 3 bulannya.

Keripik Tempe Rimba Raya terdiri dari dua varian rasa, yaitu original dan jagung bakar. Pemasaran Keripik Tempe Rimba Raya melalui media sosial, namun tidak kalah bersaing dengan usaha keripik lainnya, karena pemasaran keripik ini telah mencapai daerah Melawi, Teluk Batang, Singkawang dan Ngabang.

Harga yang ditawarkan berkisar antara 70 ribu rupiah untuk kemasan keripik tempe 1 kilogram, 35 ribu rupiah untuk kemasan setengah kilogram dan kemasan seperempat kilogram dihargai 18 ribu rupiah.

"Keripik yang saya produksi tidak menggunakan bahan pengawet, semua berasal dari racikan tangan sendiri. Keripik tempe ini tidak hanya gurih dan renyah, meskipun tidak menggunakan bahan pengawet, keripik ini tetap renyah asalkan di letakkan di wadah yang tepat," ujarnya.

Yeni memproduksi Keripik Tempe Rimba Raya sendiri tanpa bantuan karyawan, namun jika peminat dari keripik ini meningkat ia akan mempekerjakan sejumlah karyawan di lingkungan tempat tinggalnya. [rah]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00