Mandi Paripurna Laskar Diraja Amantubillah Mempawah

Budaya  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 11:22:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Mandi Paripurna Laskar Diraja Amantubillah Mempawah

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Berada dalam nuansa Tradisi dan Kebudayaan merupakan suatu pengalaman yang tak ternilai harganya.
Keraton Amantubillah Mempawah menggelar seremonial Tradisi Mandi Paripurna Laskar Diraja Amantubillah, yang dimana tradisi ini dilakukan sebagai penanda telah layak menjadi Laskar Diraja Amantubillah Mempawah bagi yang mengikutinya, Selasa malam (8/1).

Panglima Laskar Diraja Amantubillah, Thamrin menyatakan bahwa saat ini telah memiliki ribuan Laskar yang tersebar di seluruh pelosok negeri di Indonesia.

"Untuk menjadi Laskar Diraja, harus melewati beberapa tahap, yaitu pertama, Mandi Awal dengan mandi bunga, kedua, Buka Silat sembari memakan pulut 4 warna, kemudian ketiga, Mandi Paripurna Laskar Diraja Amantubillah yang dilakukan di sungai yang tepat berada dibelakang Keraton Amantubillah," tutur Thamrin yang memiliki gelar kerajaan Pancalaya Karaeng Datu, Rabu (9/1).

Thamrin menambahkan bahwa setelah melakukan Mandi Paripurna Diraja, para Laskar masih akan terus diberikan pembinaan dari kerajaan sebagai Laskar Diraja Amantubillah Mempawah.

"Itu belum selesai, masih ada kelanjutannya, seperti belajar ketuhanan, kanuragan dan lainnya," lanjutnya.

Pengangkatan Laskar Diraja, umumnya juga rutin dilakukan saat seremonial Robo-Robo Kerajaan Amantubillah Mempawah di setiap tahunnya.

"Di hari lain pun, jika ada yang akan diangkat oleh Raja, seperti menjadi Pangeran ataupun Datu, juga bisa dilakukan melalui Ritual Adat Toana," tukasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00