Profesi Petani Kacang Panjang Sangat Menjanjikan

Ekbis  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 11:07:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Profesi Petani Kacang Panjang Sangat Menjanjikan

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Semua pekerjaan tidak akan selalu menjadi ukuran kesuksesan seseorang, contoh lain adalah pekerjaan sebagai petani. Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman.
Tanaman yang dapat dihasilkan seperti padi, bunga, buah, dan lain sebagainya. Dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Setiap orang bisa menjadi petani (asalkan punya sebidang tanah atau lebih), serta memiliki tekad usaha dan kerja keras.

Seperti halnya seorang petani bernama Samuri, yang telah beralih dari pekerjaan sebelumnya menjadi seorang petani sejak 5 tahun yang lalu. Sebagai petani kacang panjang di desa Rasau Jaya, Kecamatan Rasau Jaya mampu untuk menghidupi anak dan istrinya dengan tekad dan usaha serta kerja keras.

Samuri mengatakan bahwa menjadi seorang petani sayur karena diawali untuk menghabiskan waktu senggang nya bersama keluarga. Karena pekerjaan sebelumnya menyita banyak waktu.

"Yang sering saya tanam adalah kacang panjang. Tanaman kacang panjang mudah perawatan dan harganya cukup baik antara sayuran yang lain," ujarnya, Kamis (10/1).

Menanam kacang panjang mulanya dengan tanah akan di gemburkan terlebih dahulu kemudian ditambahkan dengan pupuk serta kapur pertanian. Setelah itu, ditambahkan dengan bibit kacang yang akan disemai. Proses penyemaian berlangsung sekitar 4-5 hari. Setelah itu, kacang yang telah tumbuh akan di pindahkan ke lahan yang telah disiapkan.

"Proses penanaman hingga panen sekitar tiga bulan lebih, untuk harga perkilo saat ini kacang panjang di hargai sebesar 5 ribu. Hal itu sebanding dengan hasil kacang panjang yang di panen, karena dapat memanen kacang setiap sekali panen sekitar 90 hingga 100 kwintal," pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00