Kesenian Kuda Lumping Sebagai Alternatif Hiburan Bagi Warga Rasau Jaya

Pariwisata  KAMIS, 03 JANUARI 2019 , 14:40:00 WIB | LAPORAN: SITI ASSMA

Kesenian Kuda Lumping Sebagai Alternatif Hiburan Bagi Warga Rasau Jaya

Kesenian Kuda Lumping/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Kuda lumping adalah seni tari yang dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau bahan lainnya dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang, sehingga pada masyarakat jawa sering disebut sebagai jaran kepang.
Berlokasi di balai desa Rasau Jaya 1, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, sedang digelar Kesenian Kuda Lumping selama lima hari berturut-turut. Malam tadi merupakan seni pertunjukan ke dua, dari lima sesi pertunjukan, Kamis (3/1).

Pertunjukan Kesenian Kuda Lumping ini merupakan hiburan bagi warga desa Rasau Jaya 1 dan sekitarnya, untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Bagi warga desa Rasau Jaya, Kesenian Kuda Lumping merupakan seni kebudayaan Jawa yang selalu dihadirkan saat acara-acara liburan ataupun hajatan.

Penyelenggara Kesenian Kuda Lumping yaitu pemerintahan desa yang dananya berasal dari iuran warga dan donatur.

Salah satu Staf Kasi di Balai Desa Rasau Jaya, Mikha mengatakan bahwa Kesenian Kuda lumping yang diselenggarakan ini berasal dari iuran warga setempat dan kas desa serta donatur yang ingin mendonasikan untuk penyelenggaraan kegiatan Kesenian Kuda Lumping ini.

Seni pertunjukan Kesenian Kuda Lumping, selain sebagai hiburan bagi warga Rasau Jaya dan sekitarnya, pertunjukan ini juga sebagai sumber pendapatan bagi mereka. Banyak stand-stand penjual makanan ringan yang menggelar lapaknya di sekitar keramaian warga yang sedang menonton Kesenian Kuda Lumping ini. [rah]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00